Serius Tangani Sampah, Pemkab Bojonegoro Bangun TPA Berkapasitas 70 Ribu Ton

Bojonegoro,Bhirawa.
Keseriusan Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menangani sampah di Bojonegoro, kini telah membangun tempat pembuangan akhir (TPA) baru di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem. TPA itu dibangun di lahan seluas 3,8 hektar dengan daya tampung 70 ribu ton sampah, atau sekitar 250 ribu meter kubik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro, Hanafi menyebutkan bahwa pembangunan TPA baru di Desa Bandungrejo ini untuk menampung sampah rumah tangga di 11 kecamatan di wilayah barat Bojonegoro.

Ke 11 Kecamatan, yakni Ngasem, Gayam, Purwosari, Ngambon, Tambakrejo, Ngraho, Margomulyo, Malo, Kasiman, Kedewan, dan Padangan dengan asumsi jumlah sampah yang masuk dapat mencapai 35 ton per hari.

” Hal ini bertujuan untuk mengurai penumpukan di TPA Banjarsari dan meminimalisir persoalan sampah di Bojonegoro,” terang Hanafi, kemarin (2/11).

Hanafi berharap masyarakat meningkatkan kesadarannya dalam membuang sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama desanya yang sudah ada TPS.

” Ini harus dikelola dengan baik, warga harus bisa memaksimalkan fasilitas pengelolaan sampah ini, bank sampah yang ada ditiap desa dapat dijadikan TPS untuk menyortir atau memilah sampah ,” pungkasnya.

TPA Bandungrejo diresmikan Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, kemarin (1/11). TPA ini untuk memproses dan mengembalikan sampah ke media lingkungan secara aman bagi manusia dan lingkungan.

Data yang dihimpun, Bojonegoro sekarang ini memiliki 87 TPS, dan lebih dari 100 kontainer untuk menampung sampah yang tersebar di desa-desa di 28 kecamatan. [bas]

Tags: