Serobot Tanah Milik Pemkab Pasuruan, Pembangunan Warung Kopi Ditutup

Satpol PP Kabupaten Pasuruan menutup pembangunan warung kopi di Jalan Panglima Sudirman dengan memasang banner yang intinya di lokasi itu merupakan tanah milik Pemkab Pasuruan, Kamis (23/9). [Hilmi Husain/Bhirawa]

Kab.Pasuruan, Bhirawa
Pemkab Pasuruan menutup pembangunan warung kopi di Jalan Panglima Sudirman. Langkah penutupan dilakukan karena pembangunan tersebut dibangun di atas tanah milik Pemkab Pasuruan dan tidak berizin.

Kasat Pol PP Kabupaten Pasuruan, Bhakti Jati Permana menyampaikan lokasi penutupan dulunya eks gedung BKKBN Kabupaten Pasuruan. Namun, saat ini lokasi itu tidak digunakan sehingga menjadi aset Pemkab Pasuruan.

“Tadi, kami tutup lokasi pembangunan warung kopi di Jalan Panglima Sudirman. Penutupan kami laksanakan karena yang bersangkautan tidak memiliki izin pembangunan dan lokasinya masih di aset milik Pemerintah Kabupaten Pasuruan,” terang Bhakti Jati Permana di lokasi, Kamis (23/9).

Pantauan di lokasi, sebuah kerangka bangunan kayu sudah berdiri di salah satu titik lokasi eks gedung BKKBN Kabupaten Pasuruan.

Sejumlah anggota Satpol PP memasang banner di pagar masuk lokasi bertuliskan bahwa tanah seluas 1.782 meter persegi yang ada di lokasi merupakan milik Pemkab Pasuruan. Pada banner tersebut juga tertulis dilarang memanfaatkan tanah tersebut tanpa seizin pemkab dan selain itu ada ancaman pidana sesuai pasal 167 ayat 1 KUHP atau pasal 389 KUHP atau pasal 551 KUHP.

Menurut Bhakti, pihaknya sudah mengingatkan dan menegur saat awal pembangunan agar lebih dulu mengurus kelengkapan izin. Namun hal itu tidak digubris dan tetap melanjutkan proses pembangunan.

“Untuk pengurusan izin tidak ada. Dan kami langsung menutup lokasi ini,” kata Bhakti Jati Permana. [hil]

Tags: