Shell Ajak Pengusaha Provinsi Jawa Timur Jadi Mitra DODO

Pengendara motor saat melakukan pengisian BBM di SPBU Shell Jl Mayjen Yono Suwoyo, Surabaya. [achmad tauriq/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Untuk memperluas jaringan, Shell Indonesia menawarkan potensi investasi jangka panjang kepemilikan SPBU di Surabaya dan kota-kota lainnya Jawa Timur melalui skema kemitraan ‘Dealer Owned Dealer Operated’ (DODO).
Head of Dealer Owned Network, PT. Shell Indonesia, Agung Saputra mengungkapkan Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, memiliki potensi ekonomi yang besar dan diperkirakan akan terus berkembang di masa depan. Kondisi ini menjadi sinyal posisitf atas pengembangan bisnis ritel BBM.
Apalagi pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di kota Surabaya dan berbagai kota di Jawa Timur pada umumnya mengalami peningkatan. Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, pihaknya melihat kebutuhan akan bahan bakar juga meningkat dan ini menjadi kesempatan bagi Shell untuk memperluas jaringan bisnis SPBU Shell. “Untuk itu kami membuka peluang bagi pegusaha di Jatim untuk bergabung menjadi mitra kami dalam membangun SPBU Shell di daerahnya melalui kemitraan DODO,” terangnya, Kamis (16/5).
Agung menambahkan program DODO yang diterapkan kepada mitranya dilandaskan pada asas kemudahan dan transparansi, mudah dan terencana yang didukung oleh kualitas produk, layanan yang terintegrasi dan operasional yang terbaik. Selain itu untuk memastikan bahwa semua SPBU Shell dibangun dan dioperasikan dengan standar yang sama, baik yang dimiliki oleh mitra maupun oleh Shell sendiri.
Bagi calon mitra DODO, Shell juga memberikan proyeksi bisnis SPBU berdasarkan kapasitas kemampuan dari lokasi yang diajukan. Dan untuk memastikan kelayakan lokasi SPBU yang akan dibangun, terlebih dulu dilakukan studi kelayakan. “Melalui program kemitraan DODO, kami berharap akan mampu mendorong perkembangan bisnis ritel BBM di Jawa Timur dan ini menjadi salah satu wujud dukungan kami untuk
berperan aktif mendukung perekonomian di Indonesia,” ujar Agung.
Selain itu Shell juga memberikan pembekalan kepada mitra DODO berupa pelatihan dan membantu mereka dengan bantuan promosi berskala lokal dan nasional. “Untuk pelatihan bagi para mitra hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 bulan hingga 1,5 bulan saja, selanjutnya bisa di kontrol kapanpu dan dimanapun hanya dengan menggunakan gadget terkait kondisi SPBU yang dimilikinya,” jelasnya.
Selain bermitra dengan Shell, mitra DODO juga diberikan keleluasaan dengan menjalin kerjasama dengan brand lain yang produknya tidak bersaing dengan produk Shell. Oleh karena itu, Shell juga mengajak mitra baik perorangan dan perusahaan untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai program kemitraan dengan skema DODO yang menguntungkan dalam jangka panjang.
Hingga saat ini, jumlah keseluruhan SPBU Shell mencapai 98 SPBU yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung, Jawa Timur dan Sumatera Utara. Dari jumlah tersebut, ada 15 SPBU yang dibangun oleh mitra dengan skema DODO, 15 SPBU tersebut tersebar di Jabodetabek Jabar dan Jatim dan Sumatra Utara. [riq]

Tags: