Siap Menuju Akreditasi Pengadilan, PN Surabaya Perbaiki Manajemen

PN-Surabaya-adakan-Raoat-Peninjauan-Manajemen-guna-persiapan-menuju-akreditasi-Rabu-[29/3].-[abednego/bhirawa]

PN Surabaya, Bhirawa
Upaya pembenahan dalam memaksimalkan pelayanan publik terus dilakukan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Selain meluncurkan inovasi dengan program-program yang berkualitas, kali ini PN Surabaya mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen, Tim Penjamin Mutu Pengadilan Negeri Surabaya Kelas 1A Khusus, Rabu (29/3).
Bertempat di aula lantai 6, gedung baru PN Surabaya, rapat tinjauan ini dipimpin oleh Ketua PN Surabaya, Wakil PN Surabaya dan Sekretaris. Dalam rapat yang bertema “Pelayanan, Ramah, Ikhlas, Maju, Agung”, turut hadir pula Kasubag Umum PN Surabaya, Hakim, Panitera dan karyawan PN Surabaya.
Juru bicara PN Surabaya, Sigit Sutriono menjelaskan, rapat ini membahas tentang tinjauan manajemen yang ada di PN Surabaya. Diantaranya membahas terkait persiapan akreditasi bagi PN Surabaya dari segi pelayanan public dan pengawasan kinerja berbasis aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara).
“Rapat tinjauan ini dalam rangka menuju akreditasi PN Surabaya. Sekaligus termasuk dalam satu rangkaian tahapan untuk akreditasi,” kata Sigit Sutriono, Rabu (29/3).
Rapat tinjauan kali ini, sambung Sigit, merupakan tahapan yang ke sembilan. Selanjutnya tinggal menjalani satu tahapan lagi untuk bisa diadakan akreditasi. Ditanya tim penilai akreditasi, Sigit mengaku, penilaian akan dilakukan oleh pihak Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum (Badilum), Mahkamah Agung (MA) dan IDSM.
Sigit menambahkan, dalam fungsinya, Badilum mempunyai tugas antara lain merumuskan dan melaksanakan kebijaksanaan dan standarisasi teknis dibidang administrasi, keuangan dan organisasi ketatalaksanaan bagi tenaga kesekretariatan Peradilan umum. Terkait persiapan akreditasi, Sigit mengaku sudah berjalan cukup lama, karena penilaian menilai dari semua aspek.
“Penilaian dilihat dari semua segi dan aspek. Diantaranya dari segi pelayanan, keamanan, kenyamanan, kelancaran dan semua yang berkaitan dengan pelayanan public,” jelas Sigit.
Menyoal kapan pelaksanaan akreditasi untuk PN Surabaya, Sigit belum mengetahui secara pasti hal itu. Namun, waktu pelaksanaan akreditasi masih tahap pengusulan oleh pihak MA. “Waktunya masih diusulkan, kapan tepatnya dilaksanakan akreditasi,” pungkasnya.
Sebelumnya, Ketua PN Surabaya Sujatmiko meminta agar semua pegawainya berkomitmen dalam memberikan pelayanan publik terhadap para pencari keadilan sesuai standrart yang telah diberikan oleh Mahkamah Agung (MA). Ratusan pegawai dari staf, hakim, pegawai honorer, hingga pegawai kebersihan dimintai komitmen dalam membenahi pelayanan publik sesuai standarisasi yang diberikan oleh Badan Pengawasan (Bawas) Mahkamah Agung. [bed]

Tags: