Siapkan SDM Handal dan Berkualitas, BLK Bojonegoro Gelar PBK

Kepala UPT BLK Bojonegoro saat melakukan sidak langsung diruang kelas pelatihan BLK setempat.

Bojonegoro,Bhirawa.
Guna meningkatkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berkualitas, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Dinas Transmigrasi, UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bojonegoro mengadakan kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) dan Pelatihan Berbasis Masyarakat (PBM). Hal ini dalam rangka mensukseskan program Pemerintah Pusat untuk meningkatan SDM.

Kepala UPT BLK Kabupaten Bojonegoro, Agus Gunawan menyampaikan, pihaknya memulai kegiatan pembukaan pelatihan yang berbasis kompetensi dan berbasis masyarakat di angkatan pertama tahun 2021. Dalam hal tersebut, ada 7 kelas untuk in class dan 2 kelas untuk out class.

” Masing-masing kelas kejuruan di ikuti sebanyak 16 peserta, berarti total keseluruhan ada 144 peserta yang berasal dari Kabupaten Bojonegoro,” ungkap Agus Gunawan, kemarin (24/2).

Selanjutnya dijelaskan Agus Gunawan, jumlah paket yang dibuka pada Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahap I tahun 2021 ini sebanyak 7 (tujuh) paket, yakni meliputi Kejuruan Komputer, Kejuruan Pengelasan, Kejuruan Pengolah Hasil Pertanian (PHP), Kejuruan Instalasi Listrik, Kejuruan Tehnik AC, Kejuruan Furniture dan Kejuruan Sepeda Motor.

Sedangkan, untuk PBM meliputi Kejuruan Membatik yang berada di Desa Sumberarum Kecamatan Dander dan Kejuruan Menjahit bertempat di Desa Ponpes Darul Qur’an di Desa Klepek, Kecamatan Sukosewu.

” Pelaksanaan setiap kejuruan tidak sama, ada yang 45 hari, ada yang 33 hari, 28 hari dan 20 hari,”jelasnya.

Malalui upaya yang dilakukan ini, diharapkan angkatan kerja di Bojonegoro mempunyai satu skill sesuai dengan bidangnya masing-masing yang di timba dari BLK Bojonegoro.

Selain itu, dengan dibekali keahlian keahlian khusus, diharapkan kedepanya juga bisa memenuhi pangsa pasar, baik untuk bekerja secara mandiri maupun bekerja secara formal di perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar Kabupaten Bojonegoro.

” Harapanya seluruh angkatan lulusan kerja ini mempunyai keahlian khusus, baik itu peralihan profesi ke skilling atau yang akan meningkatkan kemampuan up skilling pada angkatan angkatan kerja dan kita menargetkan pada tahun ini ada sekitar 800 lulusan di BLK ini,” pungkasnya. [bas]

Tags: