Sidang Mucikari Artis VA Akan Digelar Pekan Depan

Surabaya, Bhirawa
Sidang perdana mucikari dugaan kasus prostitusi online yang melibatkan sejumlah artis bakal digelar pekan depan. Berkas kasus dua mucikari ES dan TN, pun sudah dilimpahkan ke pengadilan. Pelimpahan berkas kasus dua mucikari ini diungkapkan oleh kuasa hukum mucikari ES, Franky Desima Waruwu.
Franky mengatakan, pada 6 Maret lalu berkas dan tersangka sudah dinyatakan P21 (lengkap) oleh Kejaksaan. “Bahkan sudah pelimpahan tahap II (tersangka dan barang bukti) dari polisi ke kejaksaan,” kata Franky, Senin (18/3).
Pihaknya menjelaskan, setelah tahap II kejaksaan lalu merampungkan berkas rencana dakwaan (Rendak). Setelah pemberkasan selesai, kejaksaan melimpahkannya ke pengadilan. “Dilimpahkan 14 Maret lalu ke pengadilan. Bahkan, pengadilan telah melakukan penunjukan panitera,” jelasnya.
Ditanya terkait jadwal sidang, Franky mengaku belum mendapatkan pemberitahuan lebih lanjut. Namun, ia memperkirakan, paling cepat pekan ini atau paling lambat pekan depan, sidang perdana sudah dapat digelar.
“Paling cepat pekan ini, atau kalau tidak paling lambat ya pekan depan sudah dapat digelar sidangnya,” tegasnya.
Apakah akan ada rencana mengajukan eksepsi atau keberatan terhadap isi dakwaan, Franky menyebut belum mengetahuinya. Saat ini pihaknya mengaku harus meneliti lebih dulu untuk mengajukan keberatan atau tidak terhadap dakwaan itu. “Kita lihat saja nanti,” pungkasnya.
Sebelumnya, saat mendapat kunjungan pertama kali keluarganya di Rutan Kelas I Surabaya di Medaeng Sidoarjo, mucikari ES sempat mengancam akan mengungkap di persidangan, siapa saja pria hidung belang yang selama ini menjadi pemakai jasa prostitusinya. Melalui kuasa hukumnya, Franky, ia menyebut ada 4 laki-laki yang dikenali oleh ES.
“Nama dan sosoknya dia sudah tahu. Ada E ada W, dan ada D, user VA nanti akan dibuka di persidangan lebih detailnya,” katanya, Sabtu (16/3) lalu.
ES akan meminta pertanggungjawaban para pria hidung belang tersebut dalam perkara prostitusi artis ini. Jika nantinya tidak ada (pertanggungjawaban) maka ia akan menyampaikannya di dalam persidangan. ES juga menuntut agar para pria hidung belang tersebut dihadirkan dalam persidangan nantinya.
“Kami juga akan mohonkan nanti pada majelis hakim agar dihadirkan di persidangan melalui jaksa penuntut umum nantinya,” ungkapnya.
Dalam kasus ini, Polda Jatim telah menetapkan empat orang mucikari prostitusi artis sebagai tersangka. Ke empatnya adalah ES, TN, F dan W. Selain itu, Polda Jatim juga telah menetapkan artis VA sebagai tersangka dalam kaitannya mendistribusikan foto maupun video asusila dalam kasus prostitusi online ini. [bed]

Tags: