Sidoarjo Borong Dua Emas Kata O2SN

22-karateSurabaya, Bhirawa
Dua karateka putra asal Sidoarjo berhasil meraih dua medali emas Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Cabang Olahraga (Cabor) Karate di nomor kata (kerapian teknik) perorangan. Kota udang ini juga masih berpeluang menambah emas karena pagi hari ini (Kamis, 22/5) akan dipertandingkan nomor kumite (tanding) di Dojo Forki Jalan Kertajaya Surabaya.
Kedua emas tersebut masing-masing disumbangkan oleh David Sahrul Alim yang turun di O2SN tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sedangkan satu emas lainnya direbut oleh Laut Biru Baktiar yang turun di O2SN Sekolah Menengah Atas (SMA).
Sedangkan juara pertama O2SN SMP putri direbut oleh Shofiyah Nur Yustina dari Kota Malang. Untuk kata perorangan putri SMA diraih Yarist Ainun Jombang (daftar juara lihat tabel).
Wakil Ketua III Pengprov Federasi Olahraga Karated-Do Indonesia (FORKI) Jatim, Yudo Nugroho  melihat banyak atlet potensial yang turun di multieven khusus pelajar SMP dan SMA itu. “Saya lihat yang bertanding memiliki skil dan teknik cukup bagus,” katanya saat ditemui di lokasi pertandingan, Rabu (21/5).
Untuk menjaring atlet potensial, FORKI Jatim sudah menurunkan tim pemandu bakat yang terdiri dari empat orang dari unsur bidang prestasi (Binpres). Selama dua hari tim pemandu bakat itu akan melihat kemampuan para pelajar. “Kita sudah menurunkan tim pemandu bakat dan mereka yang juara satu nanti akan mengikuti training center (TC) di Dojo Forki untuk persiapan O2SN tingkat nasional pada Juni mendatang,” kata Yudo Nugroho yang juga menjabat sebagai Ketua Panpel O2SN Cabor Karate itu.
Ia juga melihat kekuatan karateka pelajar sudah cukup merata, terbukti beberapa atlet daerah sudah bisa meraih medali di kejuaraan yang diikuti oleh 305 peserta dari 36 kabupaten/kota itu, sedangkan daerah yang tidak mengirimkan atlet yakni Pacitan dan Bangkalan. “Kekuatan di level pelajar cukup merata dan ini menunjukkan pembinaan di daerah cukup bagus,” katanya.
Hanya saja ia cukup menyayangkan salah satu syarat dari pihak panitia O2SN yang menegaskan kalau juara I,II dan III sudah tidak boleh mengikuti O2SN tahun depan. “Kalau untuk pembinaan aturan itu merugikan, tapi kalau untuk pemerataan medali itu cukup menguntungkan,” katanya. wwn
teks: (file 22-karate) Setelah berlomba di nomor kata (kerapian teknik), para karateka akan bertanding di nomor kumite (tanding) pagi hari ini, Kamis (22/5). wawan triyanto/bhirawa
juara kata smp putra
1. David Sahrul Alim Kabupaten Sidoarjo
2. Ferbiant Orlent Kota Malang
3. Lazuardi Alif Sampang
4. Moch Riza Fernanda Tuban
juara kata smp putri
1. Shofiyah Nur Yustira Kota Malang
2. Nyie Masayu Nanda Ningtiyas Kota Batu
3. Sindur Lestari Kota Surabaya
juara kata SMA putra
1. Laut Biru Baktiar Sidoarjo
2. Sepdhyo Wahyu Nugroho Kabupaten Kediri
3. Rakha Anggara W Kota Malang
4. Teja Waskita Kota Jombang
juara kata SMA putri
1. Yarist Ainun Jombang
2. Dewi Norantika Kabupaten Malang
3. Armeytna Faradhila Surabaya
4. A Kusuma Abuba Tulungagung

Rate this article!
Tags: