Sidoarjo Jadi Tuan Rumah LKS SMK Jatim 2019

Salah satu ruang perawatan SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo yang siap digunakan LKS Jatim 2019

Sidoarjo, Bhirawa
Kabupaten Sidoarjo mendapat kepercayaan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sebagai penyelenggara/tuan rumah LKS (Lomba Kompetensi Siswa) SMK tingkat Jawa Timur 2019. Ada beberapa sekolah SMK Negeri/Swasta telah siap melaksanaan kegiatan yang rencananya dimulai tanggal 24 April 2019, dan telah melakukan persiapan-persiapan.
Di antaranya SMK Negeri 1 Buduran, SMK Negeri 2 Buduran, SMK Negeri 3 Buduran, SMK Negeri 1 Sidoarjo, SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo dan SMK Antartika 2 Buduran Sidoarjo. Hasil pantauan di beberapa sekolah SMK Negeri/Swasta yang menjadi tuan rumah LKS sudah mulai berbenah.
Kepala SMK Negeri 1 Buduran Dra Agustina menuturkan kalau pihaknya telah siap menjadi tuan rumah, di sekolahnya akan menjadi ajang perlombaan di 8 bidang. Yakni bidang Hotel Acomodation, Cookry, Ladies and Mens Hairdressing, Skincare, Ladies Dressmaking, Post Harvest, Restorant Service dan Tour and Travel. “Kami sedang melakukan pendataan kebutuhan alat-alat dan bahan yang diperlukan sesuai jumlah peserta. Sementara siswa-siswa kami yang ikut sudah kami drill sesuai dengan kisi-kisi soal LKS,” tutur Agustina (8/3).
Persiapan yang sama juga telah dilakukan oleh SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo, yang siswanya pernah meraih juara LKS ini akan menjadi ajang lomba di 4 bidang, yakni Keperawatan, Analis Kesehatan, Farmasi dan Kimia/Chemistry.
Kepala SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo Ratih Wulansari mengatakan kalau pihaknya juga sudah menyiapkan alat-alat dan bahan kebutuhan sesuai Juknis lomba.
“Sebagai tuan rumah yang baik, akan menyiapkan penyambutan yang spesial agar kesan baik terpatri di semua tamu. Sebagai pelaksana lomba, kami juga akan menyiapkan alat-alat dan bahan lomba yang sesuai dengan juknis lomba,” katanya.
Begitu juga di SMK Antartika 2 Buduran Sidoarjo yang akan menjadi tuan rumah LKS dalam bidang Robotic dan Mekatronika, sekarang ini juga telah melakukan persiapan-persiapan penataan sarana dan prasarana, dan koordinasi secara intens dengan pihak panitia.
“Termasuk ruang sekretariat serta juknis lomba,” ungkap Kepala SMK Antartika 2 Buduran, Retno Purwo Lystiorini. Sementara itu Kepala SMK Negeri 2 Buduran, Drs Asmunir mengatakan kalau di sekolahnya akan ditempati LKS 11 bidang, Graphic Design Technology, IT/Networking Support, IT/Software Aplication, Web Design, Animation, Visual Merchandising, Accounting, Bilinual Secretary, Marketing, Perbankan dan Alfamart.
Begitu juga di SMK Negeri 3 Buduran masih terus melakukan koordinasi dengan pihak panitia.
“Ini belum final, jadi kami masih terus melakukan koordinasi dengan pihak panitia, agar dalam pelaksanaannya nanti bisa berjalan dengan baik dan lancar, ” tegas Kepala SMK Negeri 3 Buduran Eko Agus Priyatna. [ach]

Tags: