Sidoarjo Raih Layanan Publik Sangat Baik

Bupati Saiful Ilah bersama Kadis PMPTSP, Dirut RSUD, Dispendukcapil dan Kabag Organisasi usai menerima penghargaan. [achmad suprayog/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Pemkab Sidoarjo kembali mendapatkan penghargaan bidang pelayanan publik dengan predikat baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) dalam Ajang Penghargaan Role Model Pelayanan Publik Nasional 2017.
Ada tiga OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemkab Sidoarjo yang mewakili mendapatkan penghargaan predikat baik, yakni DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Disnpendukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil), serta RSUD Sidoarjo. Proses penyerahan penghargaan diterima Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah SH MHum di Kantor KemenPANRB, Jakarta, Rabu (24/1) kemarin.
Usai mendapatkan penghargaan, Kepala Dinas PMPTSP Ari Suryono, melalui ponselnya mengaku senang dan tak menyangka. Penghargaan role model pelayanan publik ini diberikan sebagai sarana replikasi bagi pemerintah daerah lain untuk secara masif melaksanakan peningkatan kualitas pelayanan.
”Jadi, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Pemkab Sidoarjo diwujudkan dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, yaitu ‘Kab Sidoarjo yang Inovatif, Mandiri, Sejahtera dan Berkelanjutan,” katanya.
Disusunlah dalam rumusan umum, yakni Pemerintahan yang bersih dan akuntabel melalui penyelenggaraan pemerintahan yang inovatif, aspiratif, partisipasif dan transparan. Meningkatnya kemandirian dan perekonomian daerah melalui optimalisasi potensi basis Industri pengolahan, pertanian, perikanan, pariwisata, UMKM dan Koperasi, serta pemberdayaan masyarakat. Meningkatnya kualitas dan standar pelayanan Pendidikan dan kesehatan. Meningkatnya tatanan kehidupan masyarakat yang berbudaya dan berakhlaqul karimah, berlandasan keimanan kepada Tuhan YME, serta dapat memelihara kerukunan, ketentraman, dan ketertiban.
”Termasuk Infrastruktur Publik yang Memadai dan Berkualitas Sebagai Penunjang Pertumbuhan Ekonomi dengan Memperhatikan Kelestarian Lingkungan. Dengan program-program itulah, akhirnya Sidoarjo berhasil mendapatkan penghargaan itu,” pungkas Ari Suryono.
Sementara itu, Dirut RSUD Sidoarjo, Atok Irawan, juga mengaku senang dengan penghargaan itu. Ia juga tak menyangka, karena tim juri dari Men PANRB dalam melakukan evaluasi dan penilian tidak secara parsial, tetapi secara menyeluruh. Termasuk melakukan wawancara dengan masyarakat yang telah dilayani, yakni para pasien-pasien.
Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa menambahkan, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi pelayanan publik tertentu pada 72 Kabupaten/Kota, terdapat lima pembina pelayanan publik yang masuk dalam kategori A atau sangat baik.
Selain itu, ada 67 unit penyelenggara pelayanan publik yang mendapatkan penghargaan dengan kategori sangat baik (A). Jumlah itu terdiri dari 14 Disdukcapil kabupaten/kota, 17 RSUD kabupaten/kota, 17 Dinas PTMTSP Kab/Kota, dua DPMPTSP provinsi, sembilan Polres/Polresta/Polrestabes, enam BPOM provinsi, dan dua kantor pertanahan. [ach]

Tags: