Silpa APBD Kabupaten Gresik 2021 Masih dalam Perhitungan OPD

Kepala BPPKAD Pemkab Gresik. Nuri Mardiana [kerin Ikanto/bhirawa]

Pemkab Gresik, Bhirawa
Berapa Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) Kabupaten Gresik tahun 2021, sejauh ini masih belum diketahui. Ini karena masih menunggu perhitungan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sampai saat masih belum selesai. Kemungkinan angka Silpa 2021 itu lebih kecil dibanding Silpa tahun 2020 lalu yang mencapai sekita Rp305 miliar.

Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan dan Aset Daerah (BPPKAD) Pemkab Gresik, Nuri Mardiana dikonfirmasi melalui Muklis, Kabid Perbendaharaan pada BPPKAD membenarkan jika besaran Silpa APBD 2021 sampai saat ini masih belum diketahui berapa angkanya.

“Sampai saat ini masih belum tahu. Kita masih menunggu perhitungan dari masing-masing OPD yang masih belum tuntas,” kata Nuri Mardiana, Kamis (13/1).

Dikatakan Nuri Mardiana, dana Silpa itu selain dari tidak terserapnya sejumlah kegiatan yang sudah dianggarkan sebelumnya, juga hasil dari efisiensi biaya operasional.

Seperti terjadi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). Dari total anggaran tidak terserap sekitar 20%. Rinciannya, 17%, sebesar Rp57 miliar dari sisa kontrak dan 3% dari hasil efisiensi biaya operasional.

“Sisa tender pengadaan barang dan jasa lebih dominan,” kata Achmad Hadi, Kepala Dinas PUTR kepada Bhirawa sebelumnya. Begitu juga pada Dinas Pendidikan (Dispendik). Jika tahu 2020 lalu terjadi Silpa sekitar Rp3 miliar, namun untuk tahun 2021 belum tahu karena masih menunggu perhitungan dari masing- masing sekolah, baik SD, SMP dan SMA yang jumlahnya mencapai 400 lembaga lebih.

“Oleh sebab itu, kita masih belum berani menyebut angka secara konkrit,” kata Nuri Mardiana, penjabat eselon II yang belum lama menduduki kursi BPPKAD itu.

Mekanismenya, tambah Nuri, secara otomatis dana Silpa 2021 itu akan dikembalikan lagi ke Kas Daerah atau Rekening Umum Khas Daerah (RUKD). Untuk pengunaannya tergantung Tim Anggaran Pemkab Gresik. Dan Silpa itu juga merupakan salah satu perameter kinerja bagi OPD.n [eri.dre]

Tags: