SIMAMA Dinantikan Warga, Program Layanan Publik Unggulan Kecamatan Taman Sidoarjo

Kasubag Umum dan Kepegawaian Kec Taman, Mohammad Andy Nugerah SSTP, saat menjelaskan pentingnya FKP untuk peningkatan layanan publik. [alikusyanto/bhirawa].

Sidoarjo, Bhirawa
Pelayanan publik unggulan di Kecamatan Taman, yakni SIMAMA atau sistem pelayanan masyarakat pada malam hari, pada sekitar bulan Juni 2024 ini, akan dilaksanakan kembali oleh petugas pelayanan di Kecamatan Taman.

Menurut Kasubag Umum dan Kepegawaian Kecamatan Taman, Mohamad Andy Nugerah SSTP, program SIMAMA ini melayani warga masyarakat pada malam hari, karena warga desa/kelurahan setempat, tidak bisa ngurus pelayanan pada siang hari sebab mereka sedang bekerja.

Disampaikan Andy, program inovasi pelayanan publik SIMAMA, diciptakan oleh petugas di Kecamatan Taman sejak tahun 2022 lalu. Dengan program pelayanan SIMAMA, petugas Kec Taman, sejak tahun 2023 lalu menjadwalkan pelayanan keliling pada malam hari, di 8 kelurahan dan di 16 Desa di Kec Taman, dengan digilir waktunya.

“Tidak mungkin program SIMAMA ini kami hentikan. Sebab Program ini program unggulan kami. Masyarakat sangat berharap dengan program ini,” kata Andy, Rabu (15/5) kemarin, disela-sela acara forum konsultasi publik (FKP) kec Taman. “Dan perlu dicatat pelayanan SIMAMA ini gratis tidak ada biaya,” lanjutnya.

Diakui pada tahun 2024 ini, masih belum dilakukan kembali, karena terhalang sejumlah kondisi besar. Diantaranya pelaksanaan Pilpres tahun 2024 dan adanya Bulan Puasa Ramadhan 2024. “Akhir Mei atau awal Juni, petugas pelayanan di Kecamatan Taman sudah akan siap melayani kembali. Pada tahun ini, akan ada tambahan layanan baru, berupa rekam KTP ditempat,” katanya.

Andy mengatakan inovasi pelayanan publik SIMAMA dievaluasi relevan untuk bisa diterapkan di Kec Taman, karena di kawasan kecamatan yang berbatasan dengan Kota Surabaya dan padat penduduknya itu, banyak sekali pendudukya. Mereka baru bisa pulang kerja pada malam hari.

Berkat adanya inovasi SIMAMA sejak tahun 2022 lalu, indeks pelayanan publik (IPP) di Kec Taman, pada tahun 2022 lalu, sempat berada pada peringkat pertama. Karena SIMAMA ini, Kec Taman, sempat mewakili Kab Sidoarjo di tingkat Prov Jatim, dalam lomba sinergitas pelayanan kerja.

Dari 666 kecamatan di Jatim, tidak disangka SIMAMA , bisa meraih juara kedua. Karena konsep SIMAMA ini, pada 2021 lalu Kecamatan Taman akhirnya bisa lolos dalam mendapat penilaian ZI WBK.

Dalam acara FKP, kemarin, selain akan mengaktifkan kembali program SIMAMA, dalam acara yang digelar pendopo Kec Taman, kemarin, pihak Kecamatan Taman juga minta saran dan masukan dari berbagai element masyarakat, yang diundang, untuk perbaikan pelayanan.

Hadir dalam acara itu, para undangan dari 8 kelurahan dan 16 desa di wilayah Kecamatan Taman. Juga ada undangan dari kalangan akademisi dan OPD terkait. Para undangan menandatangani nota kesepahaman untuk peningkatan 6 jenis pelayanan publik di wilayah kecamatan padat penduduk dan berbatasan dengan kota Surabaya itu.

Undangan dari Kelurahan Kalijaten Kec Taman, dalam kesempatan itu mengakui, warga berharap program pelayanan publik SIMAMA kembali dilaksanakan. Karena warga di kelurahan tersebut sangat menantikannya. [kus.ca]

Tags: