Simon Balas Kekalahan dari Houwei

Semarang, Bhirawa
Tunggal putra Indonesia Simon Santoso berhasil memenuhi tekadnya untuk membalas kekalahan dari pemain Tiongkok Tian Houwei pada babak pertama kejuaraan bulu tangkis Singapura Terbuka Super Series 2014.
Berdasarkan laman PBSI di Semarang, Jateng, Rabu, disebutkan, Simon mengalahkan pemain Tiongkok tersebut dengan 21-14,21-17 sedangkan pada pertemuan di Australia Terbuka 2013 Simon kalah dari Tian Houwei.
Dengan hasil ini maka skor pertemuan Simon santoso yang menempati peringkat 38 dunia dengan Tian Houwei yang berperingkat 16 dunia menjadi 1-1.
“Senang sekali bisa membalas kekalahan,” kata Simon Santoso yang menjadi juara pada Malaysia Grand Prix Gold 2014.
Pada pertandingan ini Simon tampil dengan kepercayaan diri yang penuh. Pada game pertama, Simon unggul jauh dari pemain Tiongkok 21-14 tetapi pada game kedua berlangsung lebih alot dan akhirnya menang dengans skor 21-17 setelah backhand silangnya gagal diantisipasi Tian Houwei.
“Strategi saya untuk memenangkan pertandingan adalah membatasi gerak Tian di depan net karena perubahan gerakan lawan dari belakang ke depan sangat cepat,” katanya.
Tian yang menggunakan tangan kidak juga merupakan salah satu hambatan yang harus diatasi Simon.
Simon mengaku sering terkejut ketika lupa lawannya menggunakan tangan kidal akibatnya bila yang dikira akan diambil lawan dengan overhead malah menjadi forehand keras tetapi semuanya bisa diantisipasi Simon dengan lebih sabar.
Pada babak kedua kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 300 ribu dolar Amerika Serikat tersebut Simon akan menghadapi pemain Taiwan Hsu Jen Hao yang sebelumnya menyingkirkan unggulan keenam dari Korea Selatan Son Wan Ho dengan dua game langsung 22-20 dan 21-15.
Pertemuan Simon dengan Hsu Jen Hao pada babak kedua itu merupakan yang keempat kali dan saat ini skor pertemuan mereka 2-1 untuk keunggulan Simon Santoso. Pada pertemuan terakhir, Simon kalah dari Hsu Jen Hao dengan rubber game 11-21,21-14,22-20 pada BWF World Championships 2013.
Pada nomor tunggal putri Adrianti Firdasari melangkah ke babak kedua setelah mengalahkan Porntip Buranaprasertsuk (Thailand) dengan dua game langsung 21-15,21-17. Pada babak kedua, Firda akan menantang unggulan kelima dari Korea selatan Sung Ji Hyun yang sebelumnya mengalahkan pemain Indonesia lainya Lindaweni fanetri 21-17,21-16.
Pertemuan Firda yang menempati peringkat 82 dunia dengan Sung Ji Hyun merupakan yang ketiga kali dan selama ini Dirda belum pernah menang dari Sung (skor pertemuan mereka 0-2).
Kemudian pada ganda putri pasangan Shendy Puspa Irawati/Vita Marissa melangkah ke babak kedua setelah menyingkirkan pasangan Hong Kong Chan Tsz Ka/Tse Ying Suet 21-18,21-19. Pada babak akan menantang unggulan ketujuh dari Jepang Reika Kakiwa/Miyuki Maeda yang mengalahkan Duanganong Arookesorn/Kunchala Voravichitchaikul 21-15,21-11.
Pasangan Suci Rizky Andini/Tiara Rosalia Nuraidah juga maju ke babak kedua setelah mengalahkan pasangan tuan rumah Fu Mingtian/Yu Yan Vanessa Neo 21-17,21-16. Pada babak kedua akan bertemu Huan Xia/Zhong Qianxin (Tiongkok) yang sebelumnya mengalahkan unggulan enam dari Indonesia lainnya Pia Zebadiah/Rizki Amelia Pradipta 21-17,15-21,21-19.
Pasangan Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii yang menempati unggulan kedelapan juga melangkah ke babak kedua setelah menyingkirkan Misato Aratama/Megumi Taruno (Jepang) 21-19,21-6. [ant]

Rate this article!
Tags: