Sirekap Hanya Alat Bantu, Ketua KPU Kota Pasuruan: Acuannya Tetap Rekapitulasi Manual

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari didampingi petugas kepolisian saat memantau penghitungan suara tingkat Kecamatan di Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Selasa (20/2). (bhirawa/hilmi husain)

Kota Pasuruan, Bhirawa.
Rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kecamatan, di Kota Pasuruan mulai dilaksanakan, Selasa (20/2). Sebelumnya, penghitungan suara di tungkat TPS tuntas dilaksanakan di seluruh wilayah Kota Pasuruan.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari menyampaikan rekapitulasi di tingkat Kecamatan mulai digelar hari ini, Selasa (20/2) kemarin di masing-masing Kecamatan, di Kota Pasuruan.

Proses rekapitulasi penghitungan surat suara dimulai pada pukul 10.00. Panitia pemilihan kecamatan (PPK) melakukan rekapitulasi dengan disaksikan Panwascam dan saksi.

“Seluruh Kecamatan di Kota Pasuruan mulai hari ini melaksanakan rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kecamatan. Dan estimasi rekapitulasi ini selesai dalam waktu dua hari,” ujar Royce Diana Sari saat memantau penghitungan suara tingkat Kecamatan di Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

KPU Kota Pasuruan bekerja sama dengan tim kesehatan Polres Pasuruan Kota untuk memastikan kesehatan para petugas. Karena, pada saat pemilu kemarin, ada sejumlah petugas ada yang masuk rumah sakit.

“Tim kesehatan Polres Pasuruan Kota juga turun. Hal ini agar kesehatan para petugas pemilu bisa termonitor dengan baik,” kata Royce Diana Sari.

Saat ini masyarakat memang bisa melihat progress penghitungan suara melalui sirekap yang disediakan KPU RI. Namun begitu, yang menjadi acuan tetap rekapitulasi penghitungan suara manual.

“Perlu diketahui, Sirekap itu hanya alat bantu. Acuannya tetap rekapitulasi yang dilakukan secara manual,” jelas Royce Diana Sari. (hil.gat)

Tags: