Siswa SMAN 2 Karangan Ikuti Sosialisasi P4GN

7-foto D BNNKTrenggalek, Bhirawa
Sebanyak lebih dari dari empat puluh siswa dari SMAN 2 Karangan mengikuti sosialisasi Program Pecegahan Pemberantasan Penyalahgunaan(P4GN) sebagai implementasi Inpres nomor 12 Tahun 2011. Sosialisasi yang dilakukan Badan Narkotika Nasoinal Kabupaten(BNNK) Trenggalek kali ini difokuskan pada pengenalan jenis sekaligus peredaran narkoba yang ada di masyarakat dan dibuka langsung Kasi Pencegahan Tri Koranto.
Dalam kesempatan tersebut, BNNK secara detail menjelaskan tentang tujuan pokok P4GN yang digagas Presiden RI dalam memerangi sekaligus memberantas narkoba. Yakni memperlihatkan secara detail apa saja dan seperti apakah bentuk narkoba di Indonesia. Beberapa diantaranya sabu-sabu, putauw, heroin, ganja, ekstasi dan sejumlah narkoba jenis baru lainnya. “Kami pikir itu sangat penting untuk diketahui generasi penerus bangsa,” jelasnya.
Dari beberapa jenis narkoba tersebut, dijelaskan Tri Koranto yang diduga sudah beredar luas dan kerap dikonsumsi penguna narkoba khususnya di Indonesia adalah sabu-sabu. Pasalnya, jenis narkoba ini dinilai mudah didapat. Khususnya di kota-kota kecil seperti Kabupaten Trenggalek. “Dari hasil identifikasi, sabu-sabu kerap kita jumpai di masyarakat saat ini. Kalaupun ekstasi, mungkin jumlahnya tidak terlalu besar,” paparnya.
Sedangkan untuk sistem peredarannya, lanjut Tri Koranto, narkoba yang masuk ke Indonesia kebanyakan berasal dari luar negeri. Dimana proses pendistribusiannya biasa dilakukan dalam berbagai cara. Yakni mulai jalur udara, darat dan laut.
Hanya saja, biasanya untuk peredaran jalur laut jumlahnya diketahui cukup besar. Hal ini didukung wilayah Indonesia yang lebih banyak dipenuhi dengan lautan serta lemahnya pengawasan didalamnya.”Terbesar sementara ini dipasok lewat jalur laut. Biasanya, mereka adalah jaringan internasional,” terangn Tri Koranto.
Dari hasil sosialisasi tersebut diharapkan siswa bisa mengenal lebih dini tentang jenis narkoba sekaligus bahaya pengunaannya. [adi]

Keterangan Foto : Petugas BNNK Trenggalek menyampaikan sosialisasi P4GN di SMAN 2 Karangan. [adi/bhirawa]

Tags: