Siswa SMAN 4 Sidoarjo Bangkitkan Motivasi untuk Berprestasi

Ketiga siswa SMAN 4 Sidoarjo yang mengajak teman-temannya untuk berprestasi. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Setelah berhasil meraih prestasi, siswa SMAN 4 Sidoarjo membangkitkan teman – temannya, mendorong agar termotivasi untuk meraih prestasi. Jangan larut dalam kondisi pandemi Covid 19. Karena kondisi pandemi bukan halangan untuk berprestasi.
Itulah yang dilakukan siswa SMAN 4 Sidoarjo, yakni Callista Ratu Rheswara peraih Juara II Yuk Sidoarjo 2020, Alfonda Leonardo Owen juara pertama DANS (Duta Anti Narkoba) Putra 2020 dan Nicholas Marthin Taihuttu peraih Bronze Medal Internasional dari IYSA (Indonesian Young Scientist Associatioan) 2020.
Saat ditemui, Selasa (15/12) di sekolah, Callista Ratu Rheswara yang juara Yuk Sidoarjo 2020 sangat ingin mengabdikan dirinya kepada Sidoarjo, diantaranya ingin mempromosikan tempat – tempat wisata Sidoarjo agar lebih dikenal masyarakat secara luas. ”Ini sudah saya lakukan sebelum dinobatkan menjadi Yuk Sidoarjo, yakni dengan memposting tempat – tempat wisata di IG pribadiku, ternyata banyak yang respon,” kata siswi kelas XI MIPA 3 ini.
Sehingga Callista berharap kepada Pemerintah Sidoarjo agar terus memperbaiki tempat – tempat wisata yang kurang layak. Dan berharap kepada teman – teman sekolah agar terus rajin belajar dan harus mempunyai sesuatu yang lebih agar berprestasi. Jangan terlena oleh kondisi pandemi Covid 19 ini.
Ungkapan yang sama juga disampaikan Alfonda Leonardo Owen yang ingin mengajak teman – teman sekolah untuk terus berinovasi dan berkreasi, agar meraih prestasi dan bermanfaat di masa depannya. ”Gunakan waktu sebaik – baiknya, ‘cangkruk’ di warung kopi hanya sekedar saja jangan berlarut – larut. Masa depan kita masih panjang, lebih baik digunakan untuk meraih prestasi,” ungkap siswa kelas XII MIPA 1 ini.
Sesuai dengan predikat yang disandangnya sebagai DANS, Alfonda juga ingin terus mensosialisasikan P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba) kepada kalangan muda, khusus para pelajar. Karena Narkoba itu merupakan masalah besar yang wajib kita cegah bersama – sama, agar para generasi muda tak terjerumus kedalamnya. ”Karena mensosialisasikan P4GN itu merupakan salah satu tugas saya dari BNNK Sidoarjo setelah dinobatkan menjadi DANS Putra 2020,” jelas Alfonda.
Ajakan yang sama juga disampaikan Nicholas Marthin Taihuttu, dalam setahun ini berhasil meraih puluhan prestasi bidang penelitian. Terakhir meraih Bronze Medal dari IYSA dalam penelitian Eco-Freindly Ciswa Toothbrush diajang International Science and Invition Fair 2020.
Siswa kelas XII IPA 6 ini juga mengajak teman – temannya untuk terus berprestasi. Ia mengaku saat kelas X dan XI hanya sering melakukan penelitian – penelitian, dan ternyata saat kelas XII ini sudah sering mendapatkan juara dari hasil penelitian itu. ”Daripada nongkrong yang tidak bermanfaat lebih baik menggunakan waktu untuk belajar. Kalau juara bisa mendapatkan uang, dan bisa dimanfaatkan untuk persiapan kuliah,” ungkap Nicholas yang bercita – cita ingin jadi dokter ini. [ach]

Tags: