Siswa SMA/SMK Antusias Angkat Potensi Daerah

Surabaya, Bhirawa
Melalui ajang Axis Hitzvids ‘Magnificity’ Video Competition, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan dan potensi wisata berbagai daerah di Indonesia. Dengan cara mendorong siswa setingkat SMA/SMK di berbagai daerah menghasilkan karya video yang bisa mengangkat potensi daerahnya, terutama wisata. Telah tercatat sekitar 180 karya video berhasil tercipta melalui ajang yang berlangsung sejak Oktober 2017 lalu ini. Setelah melalui penilaian juri, terpilih 3 karya video sebagai juara utama dan 1 karya video juara favorit.
Vice President Axis Business XL Axiata, Robert Edward Langton, saat dikonfirmasi Bhirawa Rabu (15/11) kemarin mengungkapkan sangat senang melihat besarnya antusias para peserta, dari karya-karya yang dikirimkan pihaknya melihat besarnya potensi ekonomi dan budaya yang dimiliki berbagai daerah yang juga bisa dikembangkan.
“Bahkan dari kompetisi ini kita bisa melihat potensi bakat dan kreatifitas dari anak-anak seringkat SMA/SMK dalam memanfaatkan teknologi digital. Tentu, keahlian mereka bisa dimanfaatkan untuk memajukan daerahnya masing-masing,” jelasnya.
Adapun ketiga karya yang meraih Juara Utama adalah video berjudul The Harmony of Pontianak https://youtu.be/jkTc0Nc2T2s/ karya siawa SMA Negeri 1 Pontianak, Kalimantan Barat, video Imagine Sawahlunto https://youtu.be/gBPUOL5Vdec/ karya siswa SMA Negeri 1 Sawahlunto, Sumatera Barat, dan video Explore Lombok https://youtu.be/BqTXrDT92nY/ karya siswa SMA Negeri 5 Mataram, Nusa Tenggara Barat. Sementara itu, juara favorit diraih video berjudul Bukit Cinta Klaten https://www.youtube.com/watch?v=SRscYtX6FwQ karya siswa SMK Muhammadiyah 2 Klaten, Jawa Tengah.
Ketiga juara utama tersebut di atas akan mendapatkan hadiah berupa workshop videografi eksklusif dari YouTuber terkenal Bayu SKAK, langsung di sekolah masing-masing pemenang. Selain itu mereka juga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp5 juta.
“Untuk 1 juara favorit akan mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp10 juta, penilaian untuk menentukan juara utama dilakukan oleh tim juri dari XL Axiata selaku penyelenggara. Sedangkan, juara favorit ditentukan dari “like” yang didapatkan di YouTube,” terangnya.
Selain ketiga juara utama dan juara favorit, masih ada 10 karya video terbaik (Top 10 Videos) lainnya yang mendapatkan hadiah berupa kamera action dan perangkat “XL Go” lengkap dengan paket internetnya. [riq]

Tags: