Siswa SMKN 2 Situbondo Ikuti Program Layanan Informasi Pasar Kerja Online

Sekdisnaker Ali Munir bersama Kabid Penta Lina Yuriana Soeherman serta Kepala SMKN 2 Situbondo Muhammad Muzammil saat membuka acara sosialisasi pelayanan informasi pasar kerja online. (sawawi/bhirawa)

Situbondo, Bhirawa
Berikan kesempatan kerja bagi siswa-siswi kelas XII SMKN 2 Situbondo, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Situbondo mengadakan sosialisasi pelayanan dan penyediaan informasi pasar kerja online. Kegiatan yang di ikuti puluhan pelajar di pusatkan di aula SMK Negeri 2 Situbondo. Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Disnaker Ali Munir, Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Lina Yuriana Soeherman serta Kepala SMKN 2 Situbondo, Muhammad Muzammil.

Menurut Ali Munir, dari kegiatan ini ada sejumlah poin penting yang perlu disampaikan kepada siswa-siswi SMK yang lulus dan memasuki dunia kerja, satu diantaranya menguasai informasi dan teknologi serta digitalisasi. Pasalnya, aku Ali Munir, kedepan para penyedia jasa tenaga kerja banyak yang menginformasikan lowongan tenaga kerja melalui media sosial (medsos).

“Ya, kalau jaman dahulu informasi lowongan kerja banya diumumkan berupa banner, pengumuman di dinding serta media cetak. Sekarang sebaliknya banyak beralih ke medsos,” aku Ali Munir.

Masih kata Ali Munir, untuk itu sekolah kejuruan seperti SMK Negeri 2 Situbondo sejak dini sudah harus membekali siswa-siswinya sesuai dengan standar bidang yang dikuasai di jurusan masing masing.

“Ya dalam kegiatan menyediakan informasi pasar kerja online, Disnaker menjalin kerja-sama dengan lembaga perusahaan. Tak hanya itu, kami (Dinas Ketenagakerjaan Situbondo) juga memiliki web resmi untuk informasi penyediaan lowongan kerja,” jelas mantan Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Permukiman (PKP) Kabupaten Situbondo itu.

Sementara itu, Kabid Penta Disnaker Kabupaten Situbondo, Lina Yuriana Soeherman menimpali, kegiatan sosialisasi penyediaan informasi tenaga kerja melalui online dilakukan pada dua SMK Negeri. Yang pertama, urai wanita yang pernah berdinas di Kantor Diskop Kabupaten Situbondo itu, bersama SMK Negeri 1 Panji dan SMK Negeri Situbondo 2. “Kami kepada dua lembaga sekolah kejuruan tersebut atas terjalinnya kerjasama,” papar Yurin-panggilan akrab Lina Yuriana Soeherman.

Yurin menambahkan, dalam kegiatan ini pihaknya juga menghadirkan Kepala Diskominfo Kabupaten Situbondo Dadang Aries Bintoro, sebagai pemateri. Adapun jumlah peserta yang di ikutkan oleh Kepala Sekolah SMKN 2 Situbondo Mohammad Muzammil, sebanyak 60 siswa. “Termasuk sejumlah tenaga pengajar SMKN 2 Situbondo ada sebagian yang ikut dalam rangkaian kegiatan tersebut,” pungkas Yurin. [awi.hel).

Tags: