Sita 600 Ribu Batang Rokok Ilegal, Penyelidikan Dalami Tersangka

Rokok Ilegal dalam Kardus disita Bea dan Cukai Madura di Pamekasan. Tampak Kasih KIP, Rahwata Saleh dan Kasi PI, Tesa Pranata, menunjukan Barang Bukti. [syamsudin/bhirawa]

Pamekasan, Bhirawa
Kantor Bea dan Cukai Wilayah Madura, berhasil menyita 600 ribu batang rokok ilegal. Namun dari penyitaan ini belum ditentukan tersangka dan masih masih dalam penyelidikan yang kini ditangani Bagian Penindakan.
Kasi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Rahwanta Saleh mengatakan, kasus ini belum menjurus pada penetapan tersangka karena masih pendalaman penyelidikan.
“Nah, kapan Tersangka akan ditetapkan. Semua itu menjadi kewenangan bagian penindak. Yang jelas, kami (Bea dan Cukai, red) mengamankan rokok ilegal,” jelas Rahwanta, kepada Wartawan, didampini Tesa Prananta, selaku Kasi Penyuluhan dan Informasi, Rabu, (15/1).
Hasil operasi pada Minggu kedua Januari 2020, rokok Ilegal yang diamankan dari tiga macam merk rokok sebelumnya sudah beredar. Merk apa saja, Kasi KIP Bea Cukai ini, enggan menjelaskan karena masih dalam penyelidikan.
Rokok Ilegal diamankan dari sebuah tempat pengepakan di wilayah Pamekasan ini. Pihak Bea Cukai Madura, belum berkenan menjelaskan secara rinci. Apakah saat operasi di tempat pengepakan ada yang bekerja atau hanya dijaga, atau memang tidak ada orang sama sekali.
Bahkan Rahmanta Saleh menyatakan, penyitaan rokok Ilegal karena masih dalam penyelidikan. Pihaknya pun, belum dapat memastikan berapa nilai kerugian negara. “Jadi berapa kerugian itu, kami belum tahu pasti. Jelas kini masih dihitung oleh Bagian Penegakan,” ucapnya. [din]

Tags: