SIWO PWI Kota Batu Seleksi Pecatur untuk Porwanas 2021

Ketua KONI Kota Batu, Drs Mahfud membuka Turnamen Catur Jurnalis yang digelar di Kantor SIWO PWI Kota Batu, Sabtu (5/12).

Kota Batu, Bhirawa
Seksi Wartawan Olah Raga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Batu menggelar turnamen catur yang digelar di Kantor Siwo PWI, Jl Hasanudin Desa Junrejo, Kota Batu, Sabtu (5/12). Turnamen ini menjadi ajang pencarian bibit yang diikutkan dalam Pekan Olah Raga Wartawan Nasional (Porwanas) 2021 di Malang Raya.
Turnamen catur ini mempertandingkan sekitar 35 peserta dengan menggunakan sistem Swiss. Setiap perserta mendapatkan hak menjalani lima pertandingan untuk mengumpulkan poin. Dan peserta dengan poin tertinggi secara berurutan akan ditetapkan menjadi juara 1, 2, dan 3, serta berhasil mendapatkan hadiah total jutaan Rupiah yang disediakan panitia.
“Turnamen catur kali ini khusus untuk wartawan yang bertugas di Kota Batu. Mereka harus bertanding sungguh – sungguh, sehingga menjadi juara dan berhak mendapatkan hadiah,” ujar Ketua Pelaksana Turnamen Catur Siwo PWI Kota Batu, Roy Mastur, Sabtu (5/12).
Dalam turnamen catur, SIWO PWI bekerja sama Percasi Kota Batu dan mendatangkan juri atau wasit catur dari Percasi. Hal itu dilakukan agar pertandingan benar – benar dilakukan secara fair dan akan diperoleh juara yang benar – benar layak.
Sebenarnya, kata Mastur, pihaknya telah merancang untuk kegiatan catur on the river. Dalam rencana ini ada pertandingan kelas khusus wartawan dan kelas umum atau pelajar. Catur on the river juga ada sisi uniknya, karena bisa mendukung Pemkot Batu dan KONI Kota Batu dalam mewujudkan sports tourisme di Kota Batu.
“Namun karena kondisi masih pandemi Covid 19 maka kegiatan ini terpaksa dibatalkan dan diubah menjadi sangat terbatas,” terang Mastur.
Mastur menjelaskan, catur merupakan olah raga otal yang sangat cocok untuk para jurnalis. Karena mereka setiap hari bertugas melakukan peliputan hingga mengolah data – data menjadi berita. Olah raga catur ini juga menjadi kegiatan refreshing bagi para jurnalis Kota Batu yang setiap hari memiliki jadwal padat melakukan kegiatan jurnalistik.
Turnamen Catur ini rencanaya dibuka Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. Namun orang nomor dua di Kota Batu itu berhalangan hadir, sehingga pembukaan dilakukan Ketua KONI Kota Batu, Drs Mahfud.
“Catur ini adalah olah raga otak. Dengan bermain catur maka siapa saja bisa menjadi segar dan fress,” ujar Mahfud yang mengawali dengan bermain catur. Hadir pula dalam pembukaan beberapa pejabat dan pimpinan instansi pemerintah maupun swasta di Kota Batu. [nas]

Tags: