Slangker Tuban Berlatih SAR

7-FOTO A hud-Latihan SAR Langker 1Tuban, Bhirawa
Pandangan sebagian masyarakat terhadap kalangan pencinta musik Slank (Slangker) yang selama ini menilai sebagai kalangan anak muda yang urakan dan brutal sepertinya mulai saat ini harus mulai dirubah, dan hal tersebut salah besar.
Banyak kegiatan positif yang dilakukan Slangker di tengah-tengah masyarakat yang jarang diketahui oleh publik, seperti halnya para Slangker di Kabupaten Tuban yang selama tiga hari (20-22/12) mengikuti latihan Search and rescue (SAR).
“Persiapan saja, di musim penghujan seperti ini kerap terjadi bencana alam, dan kita berlatih itu untuk mempersiapkan para Slangker membantu masyarakat jika terjadi bencana,” kata M Izzudin Koordinator pelatihan SAR Slangker Tuban.
Lebih lanjut diterangkan, Pelatihan SAR di pantai Mangrove Center Desa Sugihwaras Jenu Tuban ini di ikuti oleh 50 Slanker yang berasal dari berbagai kecamatan di Bumi Wali Tuban dengan pelatih Edi Thoyibi, Tim SAR GP Ansor Tuban sekaligus aktivis lingkungan.
“Ini adalah bentuk kepedulian teman-teman Slanker, jangan melihat penampilan mereka yang bertato, meski begitu teman-teman ini juga masih punya tanggungjawab sosial, buktinya mereka masih memiliki niat untuk menjadi relawan bencana,” kata Edi Thoyibi (21/12).
Dalam latihan itu, lanjut Edi, puluhan Slanker mengikuti latihan penyelamatan di air dan penyelamatan darat, latihanĀ  penyelamatan air ini digunakan untuk memepersiapkan jika terjadi musibah banjir maupun kapal tenggelam. sedangkan latihan penyelamatan darat (Jungle) dipersiapkan untuk melakukan penyelamatan bencana tanah longsor maupun gunung meletuss.
“Ada dua jenis pelatihan yang kita laksanakan hari ini, pertama latihan penyelamatan dalam air atau water rescue dan kedua penyelamatan darat atau jungle rescue. Seperti yang baru saja kita laksanakan kita melakukan simulasi penyelmatan korban tengelam,” terang Ey Thoyibi.
Sementara itu, Cecep salah satu peserta mengaku, ikut latihan ini agar dirinya mampu memberikan pertolongan jika terjadi bencana. Dia juga berharap nanti dapat menjadi relawan bencana baik banjir maupun bencana lainya. “Ingin memberikan manfaatlah mas bagi sesama yang menjadi korban bencana. karena kita mungkin tidak dapat memberikan bantan secara materi setidaknya kita bisa memberikan bantuan tenaga,” kata Cecep.n [hud]

Caption Foto : Edy Thoyibi Pelatih SAR dari GP Ansor saat melatih para Slanker di Pantai Mangrove Center Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu Kabuopaten Tuban kemarin (21/12). (khoirul huda/bhirawa)

Rate this article!
Tags: