SMAMDA Kembalikan Biaya Kegiatan Siswa

Salah satu kegiatan siswa yang telah dipersiapkan oleh SMAMDA sebelum mengikuti olimpiade. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Dana kegiatan siswa yang tidak bisa terlaksana akibat adanya pandemi virus Covid-19 dikembalikan SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo kepada siswanya. Diantaranya kegiatan-kegaitan lomba, kompetisi atupun olimpiade lokal hingga internasional yang telah terprogram.
“Kegiatan semua itu menggunakan biaya dari sekolah. Oleh karena itu, kami telah menghitung ulang keuangn sekolah. Sehingga kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan, uangnya kita kembalikan kepada orangtua masing-masing siswa,” ungkap Kepala SMADA Sidoarjo Wigatiningsih, (1/6) saat dihubungi secara Daring.
Wigati menyebut pengembalian tersebut sebagai bagian dari upaya fair/adil kepada orangtua siswa yang telah memberikan amanah kepada SMAMDA Sidoarjo.
“Kegiatan-kegiatan siswa yang tidak bisa dilaksanakan akibat adanya pandemi virus Covid-19 sekarang ini, maka biayanya telah kita kemalikan kepada orangtua masing-masing. Harapan kami, biaya kegiatan sekolah yang tidak bisa kami laksanakan dan kita kembalikan ini bisa digunakan oleh para siswa untuk pembiayaan paket internet. Karena anak-anak juga belajar dari rumah,” tegas Wigatiningsih.
Ia ungkapkan kegiatan-kegiatan siswa yang harusnya terlaksana, namun dengan adanya pandemi virus Covid-19 ini tidak bisa terlaksana, misalnya, kegiatan ulangan akhir semester atau ulangan akhir tahun.
Kedua kegiatan itu tidak dilaksanakan di sekolah, tapi tetap dilakukan dengan cara Daring (Dalam Jaringan) atau online. Termasuk kegiatan-kegiatan kompetisi, olimpiade maupun lomba-lomba tingkat lokal, nasional hingga internasisonal yang sudah terprogram.
Kegiatan-kegiatan semuanya itu berasal dari uang kegiatan siswa, karena tidak bisa terlaksana dengan baik, kita kembalikan dalam bentuk pengembalian SPP, kita potongkan biaya SPP, karena itu haknya siswa ya kita kembalikan kepada mereka.
“Jadi sama-sama diuntungkan, kita juga tidak mau memakai haknya mereka, makanya kita kembalikan lagi kepada mereka,” katanya. [ach]

Tags: