Smamda Sidoarjo Uji Coba PTM dengan Prokes Ketat

Terlihat suasana pembelajaran Luring, guru yang menerangkan di kelas X MIPA 7. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri, tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 pada Bulan Juli mendatang. Kini SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo mulai melakukan uji coba PTM dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) yang sangat ketat.
Sebelumnya digelar PTM, pihak sekolah juga sudah melakukan koordinasi dengan wali murid, serta berkirim surat terkait kesiapan para siswa bisa masuk sekolah secara terbatas dalam rangka uji coba PTM.
“Alhamdulillah, ternyata orang tua siswa banyak yang sepakat dan setuju. PTM ini kami lakukan hanya 1/3 nya saja atau sebanyak 12 siswa,” terang Waka Kurikulum, Alful Musrifah SPd MPd, pada Senin (5/4) kemarin.
Dalam uji coba ini, masuknya hanya dua jam pelajaran saja, yakni untuk kelas X mulai masuk pukul 07.00 hingga 09.00 WIB, selanjutnya kelas XI masuk pukul 09.30 hingga 11.30 WIB, begitu seterusnya mulai Hari Senin hingga Hari Jumat. Siswa kelas XI sebanyak 440 siswa, kelas XI sebanyak 465 siswa. Sementara untuk kelas XII sebanyak 463 siswa, namun untuk kelas XII tidak mengikuti PTM.
Selain itu, karena kantin sekolah belum diperbolehkan berjualan, maka para siswa diwajibkan membawa bekal, makanan dan minuman serta perlengkapannya sendiri dari rumah. ”Hal ini dilakukan agar selama uji coba PTM ini tak terjadi sentuhan, juga tidak terjadi kerumunan. Jadi betul-betul kami terapkan dengan Prokes yang sangat ketat,” tegasnya.
Bukan hanya siswa saja yang dituntut untuk menerapkan Prokes tetapi juga semuanya yang masuk lingkungan sekolah. Sudah disiapkan sarananya, cuci tangan, cek suhu tubuh, jaga jarak, bahkan para guru juga sudah divaksin.
“PTM ini kami terapkan mengalir saja hingga masuk Luring yang sesungguhnya. Disamping itu juga bisa sebagai ajang pengenalan sekolah bagi siswa – siswa kelas X,” tandasnya. [ach]

Tags: