Smamda Surabaya Beri Wawasan dengan Parenting Virtual

Hj Elly Risman Musa Psi dan moderator Alif Djatmiko MTHI dalam parenting untuk para orang tua siswa SMA Muhammadiyah 2 Pucang Surabaya yang digelar secara virtual. [trie diana]

Surabaya, Bhirawa
SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya menggelar parenting untuk memberikan wawasan dan pencerahan kepada seluruh orang tua murid. Parenting digelar secara virtual Sabtu (31/10) malam lalu, dengan tema Menjadi Orang Tua Hebat di Era Realitas Baru ini menghadirkan Psikolog nasional, Hj Elly Risman Musa Psi dan Prof Dr H Abdul Mu’thi Med, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah.
Menurut Kepala SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, Ustadz Astajab SPd MM, parenting yang digelar di masa pandemi Virus Corona atau Covid 19 kali ini pihak sekolah ingin memberikan wawasan dan pencerahan kepada seluruh wali murid, karena saat ini berbeda dengan saat sebelum pandemi. Pada saat pandemi ini peran orang tua sangat penting dalam mendampingi dan mengawasi anak – anaknya agar bisa belajar dengan baik.
“Maka peran orang tua dalam masa pandemi sangat dibutuhkan anak – anaknya dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini. Maka pada parenting yang digelar di masa pandemi ini dan diikuti sebagaian besar orang tua wali murid, dengan mengambil tema Menjadi Orang Tua Hebat di Era Realitas Baru,” jelas Ustadz Ustajab di sela – sela parenting.
Kepada para orang tua wali murid dalam sambutannya, Ustadz Astajab berpesan kepada seluruh orang tua agar selalu mendampingi dan mengawasi proses belajar putra – putrinya, agar pembelajaran yang masih digelar secara online bisa berjalan dengan baik sebab ensensi pendidikan itu adalah belajar dan belajar bisa dimana saja, baik di sekolah maupun di rumah. Sedangkan pada saat masa pandemi ini maka pembelajaran dilakukan dari rumah.
Sementara itu, ketika ditanyakan bagaimana persiapan Smamda Surababya dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang rencananya digelar pemerintah pada Bulan Januari 2021 mendatang. Ustadz Astajab menjelaskan, Smamda Surabaya sudah mempersiapkan semua protokol kesehatan yang dibutuhkan, mulai dari sarana prasarana berupa tempat mencuci tangan, petugas yang akan mengukur suhu tubuh para siswa dan semua pihak yang akan memasuki sekolah, dan telah mengatur kursi – kursi untuk belajar para siswa dengan berjarak. Semua persiapan sudah divisitasi Muhammadiyah Covid 19 Command Center (MCCC) yakni Tim Khusus yang dibentuk PP Muhammadiyah untuk menangani masalah Covid 19.
“Sekolah telah menyiapkan protokol kesehatan secara lengkap, jadi kapan saja pemerintah menggelar PTM kami telah siap. Sehingga ketika Kota Surabaya dinyatakan aman untuk PTM maka Insya Allah Smamda siap menggelar PTM,” tegas Ustadz Astajab.
Sementara itu, Rahmad Ali, salah satu orang tua siswa yang mengikuti parenting di sekolah, ketika ditanyakan tanggapannya dengan parenting yang menghadirkan psikolog nasional dan pejabat PP Muhammadiyah. Rahmad dengan tegas mendukung upaya Smamda Surabaya dalam memberikan wawasan kepada para orang tua. Sebab parenting ini sangat bermanfaat untuk para orang tua, dimana banyak orang tua yang tidak tahu tetapi menjadi tahu setelah mengikuti parenting.
“Parenting ini sangat bermanfaat bagi para orang tua, sebab banyak hal – hal yang orang tua tidak tahu akhirnya menjadi tahu setelah mengikuti parenting ini. Contohnya, Bu Elly Risman menjelaskan kalau orang tua sering kali memberi lebel anak pada sesuatu hal yang negatif padahal itu tidak bagus, dan sebelumnya para orang tua tidak tahu. Jadi manfaat luar biasa sekali. Dan saya harap parenting ini sesering mungkin digelar. Agar bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan kepada para orang tua tentang seputar dunia pendidikan anak – anaknya,” tandas Rahmad, ketika ditanya manfaat parenting bagi orang tua. [fen]

Tags: