SMAN 16 Surabaya Gelar ISO 2021 secara Daring

Salah satu peserta SMP yang berasal dari Surabaya mengikuti ISO 2021 yang digelar SMAN 16 Surabaya.

Surabaya, Bhirawa
Increadible Sixteen Olympiad (ISO) 2021 kembali digelar SMAN 16 Surabaya. Olimpiade akademik tahunan yang menyasar para siswa SMP sederajat se-Jawa Timur ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas, serta semangat siswa di masa pandemi ini.
Menurut Ketua ISO 2021, Nirwasita Putri Kirana, kegiatan ini diadakan OSIS dan MPK SMAN 16 Surabaya, yang terdiri dari tiga mata pelajaran yaitu MIPA, IPU (ilmu pengetahuan umum, dan Bahasa Inggris) yang diujikan kepada peserta. Kegiatan ini diikuti 169 tim yang berisikan dua orang. Diantaranya berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Madiun, Pandaan, Malang, Jember, Pasuruan, dan Kediri
“Karena tahun ini dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid 19, maka kami mengalihkannya dengan inovasi sistem online, yaitu melalui web soal dan zoom meeting untuk acara utama dan pengawasannya (full online),” ujar dia.
Lebih lanjut, dalam sistem seleksi ini terdiri dari tiga babak yaitu penyisihan, semifinal, dan final. Untuk yang lolos ke babak semifinal diambil 20 tim dengan skor tertinggi. Lima tim terbaik akan mengikuti babak final, yang nantinya akan memperebutkan juara I, II, III, harapan I dan harapan II untuk setiap kategori Mapel.
Dalam babak final ini, untuk mata pelajaran Bahasa Inggris peserta akan diminta untuk membuat video laiknya pembawa berita dari script yang telah disediakan panitia. Kemudian video dikumpulkan sebelum tenggat waktu yang ditentukan. Sedangkan untuk pelajaran MIPA IPU menggunakan sistem cerdas cermat menjawab pertanyaan melalui zoom
“Kami berharap kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat sportivitas dalam diri peserta,” tandasnya. [ina]

Tags: