SMAN 4 Sidoarjo Gelar Expo Campus Diikuti 25 PTN dan PTK

Para siswa SMAN 4 Sidoarjo sedang mencari informasi di stand-stand PTN dan PTK. [ahmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Guna memberikan pencerahan dan motivasi kepada adik-adik kelasnya, agar bisa memilih kuliah yang sesuai dengan keinginannya. Puluhan alumni SMAN 4 Sidoarjo yang diterima di beberapa PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan) telah menggelar Expo Campus 2022.
Diantaranya dari Universitas Indonesia, Unair Surabaya, UGM Yogyakarta, IPB Bogor, Unesa, UTM, Unej, Poltek Malang, Poltek Jember, Udayana, UB Malang, ITS yang dihadiri seluruh siswa kelas XII, yang sebentar lagi melanjutkan studinya di perguruan tinggi, pada Kamis (13/1) tadi pagi, di Aula SMAN 4 Sidoarjo.
Ketua Pelaksana Gelar Expo Campus 2022 SMAN 4 Sidoarjo, Nabil Arrafi menjelaskan kalau kegiatan ini merupakan unjuk gigi alumni-alumni SMAN 4 Sidoarjo yang sukses masuk PTN dan Sekolah Kedinasan untuk memberikan motivasi dan pencerahan, bagaimana caranya bisa masuk perguruan tinggi sesuai yang diinginkan.
Lanjutnya, makanya meteri yang diberikan adalah sosialisasi dan informasi agar adik-adik kelas ini dapat menempuh, serta mengetahui strategi yang harus dilakukan untuk bisa masuk sekolah lanjutan.
Nabil Arrafi mahasiswa Unair Surabaya Jurusan Sastra Inggris menambahkan kalau tradisi ini muncul atas kesepakatan para alumni, yakni datang untuk mengabdi.
“Dari dasar kepedulian itulah lahir ikatan para alumni yang memiliki kepedulian tinggi terhadap adik-adik kelasnya. Dan dari itulah lahir beberapa agenda kegiatan salah satunya Campex ini,” tambahnya.
Kepala SMAN 4 Sidoarjo Dr. Imam Jawahir S.Pd, MM gelar expo campus bisa memberikan informasi secara langsung kepada siswa-siswinya, guna mengetahui perkembangan PTN dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) serta prosedur untuk dapat diterima melalui SNMPTN dan sebagainya.
Tema Campus Goes To School (CGTS) tahun 2022 ini bertujuan memberikan gambaran kepada siswa siswi SMAN 4 Sidoarjo mengenai kehidupan setelah lulus SMA, serta memberikan informasi kepada siswa-siswi mengenai perkembangan perguruan tinggi, serta bagaimana cara dapat menempuh untuk diterima di perguruan tinggi tersebut.
“Bentuk kegiatannya bervariasi, mulai dari seminar motivasi masuk perguruan tinggi, pentas kreatifitas siswa, accoustic performance, stand up comedy, music on stage dan festival stand Campus,” terang Imam Jawahir.
Charisna Santoso mengaku senang dengan adanya expo campus ini, karena bisa mendapatkan informasi masing langsung dari mahasiswanya. Jadi kita tidak perlu repot lagi mencari-cari perguruan tinggi yang kita inginkan.
“Mereka para alumni sudah hadir sendiri di sekolah, dan jumlahnya sangat banyak sekali. Sehingga teman-teman tinggal pilih sesuai kehendaknya,” jelas Charisna Santoso. [ach.gat]

Tags: