SMANOR Seleksi Siswa Baru dengan IPTEK

Atlit-Berprestasi-SmanorSurabaya, Bhirawa
Sekolah Menangah Atas Negeri Olahraga (SMANOR) tahun ini menyediakan kuota 65 untuk penerimaan siswa baru. Hanya saja sekolah yang berada di Sidoarjo itu akan menerapkan IPTEK pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini.
Secara resmi SMANOR membuka penerimaan siswa baru mulai 2-9 Juni. Untuk pelaksanaan pendaftaran, dilakukan di UPT SMANOR Jatim. Berbagai upaya sosialisasi telah dilakukan dengan maksud untuk mendapatkan calon siswa yang memiliki bakat istimewa olahraga atau berbibit unggul.
Kepala Dinas Pendidikan Prov Jatim, DR. Harun, M.Si, MM, mengatakan, untuk PPDB tahun ini menggunakan tahapan seleksi berbasis IPTEK dan menggandeng stakeholder utama seperti Tim ahli dari Unesa, jaringan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) seluruh kabupaten/ kota, dan Pengurus Provinsi (Pengprov) 11 Cabor yang ada di SMANOR. “Tahun ini PPDB SMANOR berbeda dengan sebelumnya. Tahapan seleksi kami fokuskan pada basis IPTEK. Selain itu, peran stakeholder tentu memberikan sumbangsih besar dalam menjaring dan memilih siswa atlet bibit unggul,” kata Harun, Rabu (4/6).
Harun menambahkan, seleksi dilakukan berdasar teori-teori ilmiah dengan menggunakan metode yang jelas, sehingga bisa dipertanggungjawabkan dan juga menjaga transparansi penerimaan siswa dan seleksi tersebut dilakukan oleh Tim ahli dari UNESA dan Tim Ahli dari Pengprov.
Sedangkan, MGMP olahraga di seluruh kabupaten/ kota di Jatim. Tujuannya, agar guru olahraga yang bersinggungan langsung dengan atlet berbakat istimewa di Sekolah Menengah Pertama bisa langsung mendapatkan informasi pendaftaran siswa di SMANOR. Selanjutnya, juga melibatkan Pengprov 11 cabor yang ada di SMANOR.   Pengprov tersebut tentu memiliki jaringan Pengcab- Pengcab di daerah, sehingga atlet usia dini yang selalu dipantau pengcab dan pengprov bisa disalurkan ke SMANOR. Hal lainnya, ketika menggandeng Pengprov, atlet SMANOR akan terus dalam pantauan KONI Jatim, dan bisa terus berprestasi menjadi atlet professional.
Sementara itu, Kepala UPT SMANOR Jatim, Drs. Zaenal Arifin, M.pd, sebelum PPDB dibuka, telah menugaskan tim efektifnya untuk melakukan sosialisasi ke pengurus MGMP DI 38 kab/kota dari tanggal 21 hingga 26 Mei untuk menyampaikan brosur, leaflet, majalah, dan informasi tentang PPDB SMANOR.Hasil baliknya yakni Tim Efektifnya yang dikirim mendapatkan kembali data siswa yang potensial berbakat istimewa olahraga di SMP/MTS se Jatim. [wwn]

Keterangan Foto : Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Dr Harun didampingi Kepala UPT SMANOR Zaenal Arifin saat memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi di penghujung 2013. wawan triyanto/bhirawa

Tags: