SMP IT Darul Fikri Laksanakan Program Dafi Go Green

Para siswa sedang mempersiapkan bunga dalam pot yang siap menghiasi lingkungan. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Penerepan Program Cinta Lingkungan memang tidak mudah, perlu ketelatenan dan kesabaran dalam pelaksanaannya. Sehingga generasi muda karakternya bisa terbentuk, cinta terhadap lingkungannya.
Maka SMP Islam Terpadu Darul Fikri (SMP IT Dafi) Sukodono mengajari para siswanya agar lebih cinta terhadap lingkungannya. Selain membuat lingkungan sekolah bersih, mereka juga diwajibkan menanam bunga yang indah, dan ditanam dalam pot – pot yang indah pula dengan Program Dafi Go Green.
Kepala SMP IT Darul Fikri, Ustadz Basuki Rakhmad ditemui disela – sela membimbing siswanya menegaskan, SMP IT Dafi akan selalu menggagas Program Pendidikan Cinta Lingkungan. Karena program ini sesuai dengan visi misi Dafi, yakni mewujudkan generasi ulama dan pemimpin yang berkarakter, berprestasi, hafal Alquran dan cinta lingkungan.
“Dengan cara seperti ini mereka akan lebih mencintai lingkungannya. Makannya mereka harus kita tanamkan sejak dini,” tegas Basuki Rachmad, Senin (13/1) kemarin.
Khoirunnisa Sinta salah seorang santri kelas VIII mengaku senang dengan Program Dafi Go Green itu. IA merasa program ini membuat lingkungan sekolahnya menjadi terasa lebih asri, sehingga mereka akan semakin betah berlama-lama di sekolah. ”Suasana sekolah jadi terasa semakin adem dengan adanya taman gantung ini. Kami jadi semakin semangat belajar,” terang Khoirunnisa.
Kondisi lapangan para siswa terlihat sangat riang memamerkan pot bunga warna – warni berisikan tanaman sirih gading yang mereka bawa dari rumah. ”Para siswa memang mendapat tugas pasca liburan, untuk membawa pot bunga berisi sirih gading,” ungkap Ustazah Tirta Sari Megahari selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMP.
Ustazah Tirta menambahkan, program ini memang didesain untuk menanamkan kecintaan lingkungan pada para santri. Santri yang selama ini dikesankan tak acuh pada lingkungan dan dicap kumuh secara penampilan harus mampu membuktikan diri bahwa mereka sudah berubah.
“Masih dalam suasana hari lingkungan hidup dan gerakan menanam sejuta pohon. Hari ini kami ingin membuktikan santri Dafi adalah santri yang cinta kebersihan dan cinta lingkungan, dengan melakukan kerja bakti dan menghias sekolah dengan taman gantung. Semoga seindah Taman Gantung Babilonia,” ujar Ustazah Tirta sembari riang gembira. [ach]

Tags: