SMP Sepuluh Nopember Gelar Spuber Language Culture Expo

Siswa SMP Sepuluh Nopember sangat antusias mengikuti pembukaan Spuber Language Culture Expo. [ahmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Penerapan Program P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila) telah diupayakan dengan cara kreatif dan inovatif oleh lembaga pendidikan. SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo berupaya membiasakan Program P5 ini dengan menggelar Spuper Language Culture Expo 2022.
Kegiatan bermuara dari Program Kurikulum Merdeka dengan mengambil tema Bhineka Tunggal Ika ini dilaksanakan mulai tanggal 3 Oktober – 14 Oktober 2022, dan setiap harinya juga diisi dengan kegiatan bazar ragam budaya beserta aksesorisnya. Disamping itu juga diisi dengan berbagai macam seminar yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VII dan XIII.
Mulai seminar Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang, juga workshop Bahasa Jepang dan Bahasa Mandarin. Juga dikuatkan dengan Kompetisi Puisi, Menghafal Kosakata Hanzi/Bahasa Jepang dan Tarian Sakura Odori. Dilanjut dengan Cerdas Cermat Bahasa Inggris serta penampingan Intensive Course.
Menurut Kepala SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo, Saiful Tulus Jatmiko SPd MPd, kegiatan ini sekaligus bertepatan dengan peringatan Bulan Bahasa, sehingga yang ditangkat banyak tentang budaya-budaya, termasuk budaya lokal, penguatan Bahasa Indonesia serta melestarikan Bahasa Jawa. Termasuk juga mengenalkan budaya dan bahasa asing yang sekaligus selaras dengan program unggulan SMP Sepuluh Nopember, yaitu pendalaman dan penguasaan bahasa asing.
Rangkaian kegaitan ini merupakan bentuk upaya sekolah membiasakan para siswa memunculkan hal – hal yang diinginkan dalam Program P5. Karena tema utamanya tentang gotong-royong, kerjasama, maka ada proses kolaborasi untuk menyelesaikan project yang diusung oleh kelasnya mereka sendiri.
“Misal dalam pembuatan puisi, pembuatan nasari-narasi yang sesuai, bagaimana kolaborasi satu sama lain dengan pendekatan penguasaan bahasa yang ada di sekolah. Jadi keluarannya itu bukan para siswa ahli berbahasa, tetapi memunculkan rasa, sikap gotong-royong sesama. Sesuai dengan yang diingin dalam program P5 tersebut. Penguatan karakter lebih inten dengan pengguaan program penguatan bahasa yang ada di SMP Sepuluh Nopember,” harap Tulus Jatmiko.
Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Septiawan Dwi M SPd menambahkan, rangkaian kegiatan ini untuk sosialisasinya sudah kami lakukan sejak tanggal 16 September 2022 lalu. Mulai hari ini (3/10) adalah bentuk realisasinya, dan akan dilakukan secara bergatian setiap hari hingga tanggal 14 Oktober 2022 mendatang.
“Kami juga mengundang para pemateri yang sangat mumpuni di bidang masing-masing. Dengan harapan akan memudahkan para siswa untuk belajar dan mendalami ilmu – ilmu dari pemateri,” tambahnya. [ach.fen]

Tags: