SMPN 1 Sidoarjo Motivasi Siswanya Terus Berkarya

Nazwa Spektra Aurora dan Satria Utama menunjukkan hasil karya yang berprestasi membawa nama baik sekolah. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Kondisi pandemi Covid 19 saat ini jangan sampai menurunkan semangat belajar dan semangat berkarya. Sehingga SMPN 1 Sidoarjo terus mendorong dan memberikan motivasi kepada para siswa agar lebih semangat untuk berkarya. Terbukti dua siswanya berhasil meraih prestasi di tingkat internasional.
Menurut Guru Kesiswaan SMPN 1 Sidoarjo, Aprilin Astuti SPd, saat mendampingi dua siswanya Nazwa Spektra Aurora dan Satria Utama, yang berhasil meraih prestasi dalam International Cospace Online Challenge Icoolchallenge @Virtual Robocup 2020, pihak sekolah selalu mendorong dan mendukung program kegiatan siswanya untuk selalu belajar dan berkarya yang lebih baik. Program ekstra itu ada yang difasilitasi sekolah ada juga yang dilakukan secara mandiri.
“Jadi mereka bisa bergabung dari klub – klub yang di luar sekolah, termasuk ekstra robot ini juga dari luar sekolah. Karena sekolah kami memang tidak menyediakan untuk ekstra robotic,” tutur Aprilin, Kamis (15/10) kemarin.
Aprilin menjelaskan, mereka tetap bisa berprestasi, dan bisa membawa nama baik sekolah, bahkan mengharumkan nama Indonesia, dan khususnya nama Kabupaten Sidoarjo di kancah internasional. Disamping itu, di sekolah ini juga mempunyai banyak kegiatan ekstrakurikuler yang lain, termusuk seni dan karawitan, paduan suara. Mereka juga sudah pernah juara baik lokal maupun nasional.
“Program kami memang ingin mengembangkan bakat siswa. Bisa dilakukan di sekolah sesuai pilihan siswa. Sementara, bila sekolah tidak menyediakan mereka bisa memilih secara mandiri. Termasuk ekstra sepatu roda dan balap sepeda yang prestasinya sudah nasional. Intinya pihak sekolah tetap mendukung dan mensupport kebutuhan siswa, dengan harapan mereka bisa prestasi yang lebih baik lagi. Diharapkan kedua siswa yang juara ini bisa memotivasi teman – temanya yang lain,” harap Aprilin.
Sementara itu, Nazwa Spektra Aurora yang meraih Overall iCool 2020 Influencer Award sebagai Most Popular Video, mengatakan kalau robotnya yang dilombakan merupakan robot penyelamatan (robot rescue). ”Robot ini aslinya bentuk fisik, karena kondisinya pandemi, terus diganti secara virtual, dan misinya penyelamatan bencana banjir maupun kebakaran,” katanya.
Sedangkan Sartia Utama yang berhasil terpilih sebagai Best Team Spirit ini, mengaku senang meraih juara. Ia juga mengaku sedang mengerjakan robot sejak masih usia sekolah dasar. Menurutnya, keterampilan membuat robot itu menyenangkan, karena disiplin dan menurut terus sesuai instruksinya. ”Saya senang robot, makanya akan saya kembangkan terus hingga maksimal,” ungkap Satri yang juga mahir berbasa Inggris ini. [ach]

Tags: