SMPN 1 Situbondo Sekolah Penuh Inovasi di Kota Santri

Kasek SMPN 1 Situbondo, Dra Tatik Krisnawati MPd, bersama Ketua Komite, serta jajaran Wakil Kasek saat pembukaan lomba olimpiade empat Mapel dan pentas seni, Kamis (20/2). [sawawi]

Raih Prestasi Nasional dan Internasional dengan Menggali Potensi Siswa
Situbondo, Bhirawa
SMPN 1 Situbondo atau yang lebih dikenal dengan sebutan Spensasi menggelar aneka lomba Kamis (20/2). Kegiatan ini diadakan dalam rangka untuk memeriahkan HUT SMPN 1 Situbondo ke 71 tahun.
Sekolah favorit di Kota Santri yang kini dipimpin Dra Tatik Krisnawati MPd itu menggelar lomba olimpiade empat Mata Pelajaran (Mapel) dan lomba pentas seni. Khusus lomba olimpiade diikuti siswa SD sebanyak 29 sekolah dasar (SD) dan MIN se-Situbondo.
Menurut Tatik, peserta lomba secara keseluruhan diikuti 293 siswa dengan perincian lomba Mapel IPA diikuti 126 siswa, lomba Mapel matematika diikuti 72 siswa, bahasa inggris diikuti 50 siswa dan lomba mapel IPS diikuti 45 siswa. Lomba didasarkan pada UU Sisdiknas, RKAS tahun 2019/2020 serta agenda tahunan bidang kesiswaan.
“Lomba ini selain untuk memeriahkan HUT ke 71 tahun, juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa serta menumbuhkembangkan jiwa kompetitif dan bersaing dengan sportif,” ujar Tatik.
Tatik menambahkan, kegiatan ini setiap tahun diharapkan bisa melahirkan siswa berprestasi di empat bidang Mapel yang dilombakan. Keberadaan anak SD yang berprestasi SD, bisa dilanjutkan saat berada di tingkat SMP. Tebukti, salah satu siswa SMPN 1 Situbondo mampu meraih juara ditingkat nasional.
“Ini patut ditiru siswa di tingkat SD sehingga kedepan bisa meraih prestasi yang sama ditingkat nasional. Anak prestasi itu berasal dari Kecamatan Asembagus bernama Teo. Ananda Teo ini bisa meraih juara lomba poster tingkat Provinsi Jatim dan juara harapan II nasional,” terang Tatik.
SMPN 1 Situbondo ini dikenal sekolah penuh inovasi dan penuh perjuangan, serta pekerja keras sehingga berhasil mendapatkan prestasi akademik dan non akademik, baik di tingkat Kabupaten Situbondo, Provinsi Jatim, Nasional dan bahkan Internasional.
Semua ini berhasil dicapai berkat dukungan bersama dari pengurus Komite sekolah, wali murid Dispendikbud serta Pemkab Situbondo.
Sementara itu, Ketua Komite SMPN 1 Situbondo Habib Muhammad Al Muhdar menimpali, sebagai wakil dari orang tua murid, pihaknya selalu mendukung upaya yang dilakukan Kasek Tatik Krisnawati bersama jajaran seluruh tenaga pendidik dan kependidikan dalam menciptakan sekolah yang berkualitas dan maju.

Gelar Prestasi XXI Dengan Lomba Pentas Seni
Rangkaian kegiatan semarak HUT SMPN 1 Situbondo ke 71 tahun berlangsung hingga Sabtu (22/2) mendatang. Pada puncak acara akan dibuka Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto bersama Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo, Achmad Junaidi, serta jajaran Komite Sekolah. Diharapkan dengan kegiatan itu tercipta sinergitas untuk menyongsong SPMN 1 Situbondo menjadi sekolah yang penuh dengan capaian prestasi.
Kepala Sekolah SMPN 1 Situbondo Tatik Krisnawati mengatakan, selain lomba olimpiade empat mapel, SMPN 1 Situbondo juga mengadakan lomba apresiasi pentas seni (prestasi) XXI yang meliputi festival nyanyi solo, gitar solo, fotografi, poster, drama, dance dan band. Khusus lomba apresiasi pentas seni ini diikuti siswa SMPN 1 Situbondo dari kelas VII dan kelas VIII. [awi]

Tags: