SMPN 1 Wonoayu Launching Aplikasi Legi Jawa Nikmat

Kepala SMPN 1 Wonoayu Abdul Qodim sedang melaksanakan legalisir ijazah alumninya. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Dalam memberikan kemudahan terhadap alumnusnya yang ada di luar pulau atapun di luar negeri saat membutuhkan legalisir ijazah. SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo telah melaunching Aplikasi Legi Jawa Nikmat yakni Legalisir Ijazah Siswa Elektronik Otomatis. Sehingga para alumnusnya tak perlu lagi datang ke sekolah, tetapi cukup melalui HP ataupun komputer di rumah.
Menurut Kepala SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo, Drs Abdul Qodim MSi, penerapan Aplikasi Legi Jawa Nikmati ini merupakan penerapan legalisir secara online. Fasilitas ini untuk membantu para alumnus yang membutuhkan legalisir, selama ini masih harus datang ke sekolah.
Sebab banyak fakta menunjukan, alumni SMPN 1 Wonoayu keberadaannya menyebar di luar Jawa bahkan ada yang di luar negeri. Mereka mengeluh saat membutuhkan legalisir harus datang ke sekolah, bila mereka di luar Jawa atau di luar negeri tentunya akan membutuhkan biaya yang sangat besar, dan membutuhkan waktu yang lama.
“Oleh karena itu, kami melihat kondisi ini dan kami bersama – sama tim berupaya keras untuk mencipkan aplikasi ini, dan alhamdulillah berhasil,” tutur Abdul Qodim, melalui Daring Senin(18/5) kemarin.
Abdul Qodim menjelaskan, kecanggihan aplikasi ini sudah terkoneksi dengan WhatsApp dan yang lainnya. Para alumni bila melakukan legalisir tinggal melakukan registrasi terlebih dahulu, yakni mengisi data – datanya harus tepat dan benar sesuai dengan apa yang ada data sekolah. Sebab jika mengisinya tidak benar, tentunya untuk proses selanjutnya tidak bisa dilakukan.
“Bila sudah selesai, mereka harus mengirimkan permintaan kepada petugas kami, dan kemudian petugas kami memprosesnya serta memilih jasa pengirimannya. ”Bukti transfer dari jasa pengiriman itulah nantinya akan kita proses untuk mengirimkannya,” katanya.
Jadi, aplikasi ini keberadaannya sangat membantu para alumni, terutama terutama bagi mereka yang telah pindah tempat maupun bagi mereka yang memiliki kesibukan yang cukup padat. Aplikasi ini dapat diakses dengan mudah melalui Android atapun personal komputer dan sejenisnya.
Salah satu alumni SMPN 1 Wonoayu, Muchmmad Syarifudin mengaku senang saat membutuhkan legalisir ijazah sekarang ini, karena tidak perlu lagi datang ke sekolah. ”Cukup melalui HP, sambil ngopi, sambil lihat TV saat di rumah, kita sudah bisa melakukan legalisir. Itulah kelebihan Aplikasi Legi Jawa Nikmat,” ungkap siswa lulusan 2005 ini. [ach]

Tags: