Soal Tes Kompetensi Bidang CPNS Pemprov Diserahkan

Kepala BKD Provinsi Jatim Dr H Akmal Boedianto MSi menerima secara simbolis soal tes kompetensi bidang CPNS Pemprov Jatim 2014 dari perwakilan Tim ITS  di kantor BKD Jatim, Kamis (13/11).

Kepala BKD Provinsi Jatim Dr H Akmal Boedianto MSi menerima secara simbolis soal tes kompetensi bidang CPNS Pemprov Jatim 2014 dari perwakilan Tim ITS di kantor BKD Jatim, Kamis (13/11).

Pemprov Jaim, Bhirawa
Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jatim menerima soal tes kompetensi bidang CPNS Pemprov Jatim 2014 dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Naskah tes tersebut kini disimpan di ruang khusus di BKD Jatim yang tersegel, dan kuncinya dipegang pihak keamanan dari Polda Jatim.
Kepala BKD Provinsi Jatim Dr H Akmal Boedianto MSi menuturkan, soal yang diterima BKD dari ITS terkait tes potensial akademik, serta dari Unair terkait tes psikologi dan interview. Soal-soal tersebut sekarang masih tersegel dan akan dibuka saat pelaksanaan tes di lingkungan Pemprov Jatim yang rencananya bakal diselenggarakan pada Sabtu (15/11) – Minggu (16/11) di kampus ATKP (Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan) Surabaya.
“Sekarang semua persiapan tes kompetensi bidang sudah siap semua. Untuk tempatnya sama seperti tes CAT (Computer Assisted test) di ATKP. Lokasinya dekat dengan kantor BKD, jadi koordinasinya mudah. Pelaksanaan tes nanti akan dimulai jam 8 pagi untuk tes potensi akademik selama satu setengah jam. Setelah itu dilanjutkan tes psikologi,” tutur Akmal ditemui usai serah terima soal tes kompetensi bidang di kantor BKD Jatim, Kamis (13/11).
Menurut dia, tes kompetensi bidang ini akan diikuti sebanyak 432 orang yang dinyatakan lulus pada tes CAT. “Seharusnya yang ikut tes itu jumlahnya mencapai 504 orang. Namun ada Sembilan formasi yang kosong, sehingga jumlah tes kompetensi bidangnya berkurang,” kata Akmal.
Sembilan formasi yang kosong tersebut dikarenakan, dua formasi kosong karena tidak ada pelamarnya, yaitu pada formasi jabatan Penelaah Data Pengukuran dan Pengujian Hasil Hutan Kayu dengan kualifikasi pendidikan SMK Kehutanan. Kemudian tujuh formasi kosong yang terdiri dari lima formasi yang hasil tes kemampuan dasarnya tidak memenuhi passing grade.
“Peserta yang dapat mengikuti tes kompetensi bidang sebanyak tiga kali formasi dari peserta yang memenuhi nilai ambang batas tes kompetensi dasar dengan rangking tertinggi. Sehingga jumlah peserta tes komptensi bidang sebanyak 432 orang,” ungkapnya.
Sementara, Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Psikologi Terapan (LP3T) Unair Berlian Gressy Saptarini menambahkan, pada tes kali ini Unair menerjunkan tim sekitar 60 orang. Mereka terdiri dari 28 psikolog dan 30 asisten psikolog dan petugas lainnya.
Untuk tes psikologi akan diselenggarakan Sabtu mulai pukul 10.00 sampai selesai. Sedangkan tes wawancara akan dimulai Minggu pukul 08.00 sampai selesai. “Dalam tes wawancara ini kami bagi dalam tiga sesi. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 dan sesi terakhir dimulai pukul 13.00 hingga pukul 15.00,” jelasnya.
Berlian berharap, peserta tes menyiapkan kemampuan fisik dan mental dalam menghadapi tes kompetensi bidang ini. Setiap peserta diminta istirahat yang cukup, sarapan sebelum berangkat tes, dan tidak boleh tegang sebelum dan saat melakukan tes.
“Kami akan memberikan satu set alat tes untuk mengukur intelegensia, kepribadian dan sikap kerja, dilanjutkan tes wawancara. Nanti total ada 15 kelas, tiap kelas terdiri dari 14 sampai 30 orang. Saya berharap stamina betul-betul disiapkan karena nanti ada tes yang sifatnya nonstop,” pungkasnya. [iib]

Tags: