Sosialisasi Membangun Karakter Anak

Sosialisasi Motivasi di gelar untuk pelajar di Probolinggo. [wiwit agus pribadi]

Bentuk Dukungan Kota Probolinggo sebagai KLA
Probolinggo, Bhirawa
Pemerintah Kota Probolinggo bekerja sama dengan Kelompok Masyarakat Gotong Royong Kelurahan Kanigaran menggelar Sosialisasi Membangun Karakter Anak, di salah satu studio gedung bioskop CGV, di Jl Basuki Rahmat, Kota Probolinggo.
Sosialisasi Character Building Mewujudkan Generasi Milenial yang Bersih dari Pergaulan Bebas dan Penyalahgunaan Obat Terlarang ini, dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Aminah Hadi Zainal Abidin, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kanigaran Lucia Aries Yuliyanti, Lurah Kanigaran Dwi, jajaran 3 Pilar Kelurahan Kanigaran, Unsur LKK (Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan Kanigaran), anggota Pokmas Kelurahan Kanigaran, tokoh masyarakat, guru pendamping dan juga sejumlah perwakilan pelajar SMPN 5, SMPN 7 DAN MTs Al Hidayah Kota Probolinggo.
Wakil Ketua Pokmas Gotong Royong Kelurahan Kanigaran, Tri Hutomo, Senin (24/2) menuturkan, terbentuknya Pokmas RW V Kelurahan Kanigaran pada 1 Maret 2019 itu merupakan wujud dukungannya terhadap Forum Anak dalam rangka mempertahankan Kota Probolinggo sebagai predikat Kota Layak Anak (KLA).
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo berpesan kepada audiens, kiat sukses pembangunan karakter anak di era milenial. Contohnya, meluangkan waktu antara Maghrib sampai dengan Isya. ”Luangkan waktu kita untuk bermunajat pada Allah, baik itu doa, dzikir, wirit,” ucap istri Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin ini.
Selain itu, para pelajar tingkat menengah atas mengikuti seminar motivasi sukses itu mudah, yang digelar Cahaya Sekolah Kehidupan (CSK) Kota Probolinggo, di GOR Kedopok. Dalam seminar itu, membuktikan keajaiban pikiran bawah sadar, kekuatan hati dan kemustajaban kalimat Allah. Yang menarik, seminar itu dihadiri anggota DPR RI Komisi IX Arzetti Bilbina dan motivator CSK Yanuar Prihatin, yang juga anggota DPR RI Komisi II. Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin pun hadir.
Direktur CSK Probolinggo, Ahmad Fais menjelaskan, seminar motivasi ini sebagai bentuk dukungan untuk Wali Kota Habib Hadi dalam melaksanakan pembangunan Kota Probolinggo. Sebagai bagian dari masyarakat Kota Probolinggo, harus mendukung program sampai habis masa bakti wali kota.
“Seminar ini dapat menumbuhkan semangat, memotivasi kesuksesan apapun latar belakang, usia atau profesi. Sejak dini, kita harus menciptakan kesuksesan. Oleh karena itu, kami hadir untuk memberi motivasi untuk pelajar Kota Probolinggo,” terang Ahmad Fais saat sambutan.
Sementara itu Arzetti Bilbina Kepada para pelajar peserta seminar menyampaikan, tentang pentingnya motivasi untuk mencapai kesuksesan. Setiap anak harus memiliki tiga cita – cita dan keinginan untuk sukses. ”Selalu berusaha membahagiakan orangtua, menaikkan haji orangtua dan kegiatan bermanfaat bagi orang lain,” ujar wakil rakyat yang dulu berprofesi sebagai model ini.
Wali Kota Habib Hadi menegaskan, seminar motivasi ini menginspirasi dan dapat memberikan suntikan semangat khususnya bagi pelajar. Diharapkan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin, bisa setahun satu atau dua kali. Adik-adik ini perlu mendapatkan gambaran bahwa mereka harus dan bisa sukses. Benar jika semua harus punya cita-cita, karena dengan memiliki cita-cita kita dapat memperjuangkan apa yang sudah menjadi harapan. Langkah kesuksesan kita tidak lepas dari doa-doa yang diijabah Allah SWT. Jadi, jangan lupa selalu berikhtiar dan berdoa.
Di waktu yang sama sebanyak 200 orang pelajar tingkat SMP/MTs negeri/swasta di Kecamatan Sumber, kabupaten Probolinggo mengikuti kegiatan bertajuk Go To School Membangun Karakter Kebangsaan Siswa di aula SMP Negeri 1 Sumber.
Kegiatan yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Polres Probolinggo dan Kodim 0820 Probolinggo ini mengambil tema Saya Siap Menuju Langkah Baru Untuk Hidup Yang Lebih Baik.
Go To School Membangun Karakter Kebangsaan Siswa yang dibuka Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto ini, dihadiri jajaran Forkopimka Sumber dan para guru SMP/MTs negeri/swasta di Kecamatan Sumber. Ribuan pelajar ini mendapatkan materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dari Polsek Sumber, pencegahan paham radikalisme dan cinta tanah air dari Koramil Sumber serta wawasan kebangsaaan dari Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo.
Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo agar siswa/siswi SMP/MTs yang masih berada dalam usia emas tidak terkontaminasi oleh paham-paham radikalisme, pengaruh narkoba dan memupuk rasa cinta tanah air sehingga tidak mudah terpengaruh oleh paham-paham yang negatif.
“Terlebih para siswa SMP dan MTs ini pikirannya masih labil dan tidak menutup kemungkinan mudah untuk dipengaruhi oleh paham-paham yang merusak masa depan anak-anak. Kalau tidak dibentengi dengan baik, maka dikhawatirkan mereka mudah dirasuki oleh hal-hal yang tidak baik,” katanya.
Ugas berpesan supaya anak-anak usia SMP/MTs ini agar lebih mencintai tanah air dan lebih memahami tentang jati dirinya, sehingga bisa fokus pada pelajarannya serta tidak terpengaruh oleh dunia lain melalui kehidupan sehari-hari. [wap]

Rate this article!
Tags: