Spirit Kartini Masa Kini di Mata Aminah Hadi

Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Zainal Abidin berdialaok dengan anak TK. [wiwit agus pribadi]

Probolinggo, Bhirawa
Menjadi seorang ibu merupakan anugerah sekaligus amanah. Begitulah ungkapan istri Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, Hj Aminah Hadi Zainal Abidin. Keluarga merupakan gambaran kecil dari masyarakat.
Hj Aminah, tak hanya sibuk mengasuh, mendidik, dan memperhatikan tumbuh kembang keempat anaknya. Ia juga sibuk menjadi Pengasuh Pondok Putri Riyadlus Sholihin. Sekaligus aktif dalam berbagai peran yang melekat sebagai istri kepala daerah. Meliputi, Ketua TP PKK Kota Probolinggo, Ketua Dekranasda, ketua Forikan, Bunda PAUD, dan Bunda Genre.
Walaupun sibuk dengan segudang kegiatan di sejumlah organisasi, Hj Aminah tak melupakan kodratnya sebagai seorang ibu. Seperti diungkapkan pada peringatan Hari Kartini, Rabu (21/4) kemarin. Sebagai seorang ibu sekaligus istri dari Wali Kota, ibu dituntut tetap menjalankan tanggung jawab sebagai ibu dan istri. Sekaligus harus berperan aktif sebagai istri dari seorang kepala daerah.
“Pada dasarnya wanita memiliki peran dan tanggung jawab yang sama. Semua peran itu bagi saya adalah anugerah sekaligus amanah. Maka, saya hanya terus berdoa dan berusaha agar mampu menjalankan amanah dengan baik dan ikhlas. Semata untuk mendapat rida Allah SWT,” katanya.
Setiap hari Hj Aminah harus menjalankan tugas sebagai istri dan ibu dari keempat anak saya. Seperti kebanyakan ibu lainnya. Mengasuh dan mendidik anak – anak dengan penuh kasih sayang. Menemani mereka bermain, belajar, dan tentunya memperhatikan tumbuh kembang mereka.
Di sisi lain, sebagai istri kepala daerah, Hj Aminah diberi amanah sebagai leader di pemerintahan, perhatian ini tak kalah pentingnya. Karena, istri kepala daerah juga harus bisa ngayomi dan ngemong warganya. Karena itu, di setiap kesempatan, saya selalu berdiskusi dengan suami. Membicarakan hal-hal tentang organisasi yang saya pimpin. Yaitu, Tim Penggerak PKK dan lainnya.
“Insya Allah saya selalu mendukung semua kebijakan yang diambil suami demi kemaslahatan masyarakat Kota Probolinggo. Ada pepatah Di Belakang Lelaki Hebat, Ada Perempuan Kuat. Di balik Habib Hadi, ada Aminah yang kuat,” jelasnya.
Seharusnya sekuat apakah seorang perempuan itu untuk mendampingi suaminya? Menurut Hj Aminah yang lebih tepat adalah Allah SWT Yang Maha Hebat. Alhamdulillah, saya yakin kekuatan manusia itu ada dalam doa, serta ikhtiar. Sehingga Hj Aminah mengaku terus berdoa agar suaminya dapat menjalankan amanah yang diembannya. Senantiasa menjadi pribadi yang tawadu, zuhud, tawakal, kanaah, dan tasamuh.
Jika dikembalikan pada kodratnya, perempuan sebagai seorang istri harus mampu memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi suami. Karena, dengan hati yang tenang dan nyaman, seorang suami akan memiliki energi yang lebih dalam menjalankan tanggung jawabnya. Baik bagi keluarga, pekerjaannya, maupun kepada masyarakat. Istri harus tetap selalu ada dalam kondisi terbaik dan terburuk sekalipun.
Di zaman yang semakin maju seperti sekarang, perempuan juga dituntut memahami banyak hal. Tidak lagi terkekang seperti di masa Kartini dulu. Bagaimana ibu memandang banyak kemajuan yang sudah diraih kaum perempuan saat ini, tuturnya
Emansipasi wanita tidak semata-mata berfokus pada kesetaraan antara hak laki-laki dan perempuan untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam beragam bidang. Makna sebenarnya dari emansipasi wanita, yaitu tentang bagaimana wanita dapat berkembang dan maju dari waktu ke waktu tanpa menghilangkan jati dirinya. Dengan memahami makna emansipasi wanita seutuhnya, wanita turut serta memberikan emansipasi bagi masyarakat dan negara.
“Saat ini saya melihat banyak sekali kesempatan yang begitu terbuka bagi kaum wanita di Indonesia. Tinggal kaum wanitanya harus memiliki motivasi untuk terus memberdayakan diri dan mengangkat harkat martabatnya di berbagai bidang. Contohnya, di bidang politik. Saat ini banyak perwakilan wanita di parlemen dengan kuota 20%. Tetapi, kiprah wanita tidak boleh melupakan kodratnya sebagai seorang istri dan ibu dalam keluarga,” jelasnya.
Dukungan terbesar yang bisa dilakukan Hj Aminah adalah selalu berada di sisinya dan memberikan support serta doa terbaik, semoga Allah SWT memberikan kemudahan dalam segala apapun yang dilakukan. Serta, semoga Habib diberi kesehatan, kekuatan, dan kesabaran dalam mengemban amanah yang ditanggungnya.
Saat ini, Wali Kota Probolinggo kehilangan partner terbaiknya, sehingga bebannya akan dua kali lipat lebih berat. Maka segala perhatian tulus dan cinta kasih serta doa tak putus dicurahkan. Agar selalu memperingan langkah suami dalam memimpin Kota Probolinggo tercinta ini.
Hj Aminah juga dituntut memiliki peran aktif sebagai Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Probolinggo. Apa makna sebuah keluarga? Terutama selama setahun terakhir saat bangsa ini dilanda pandemi. Peran sebagai Ketua Tim Penggerak PKK sangat menginspirasi saya untuk terus memberikan motivasi bagi kaum perempuan. Bergerak maju ke arah yang lebih baik lagi dan mampu menjadi inspirasi bagi keluarga. [wap]

Tags: