Stadion Magenda Kabupaten Bondowoso Masih Memprihatinkan

Kondisi Stadion Magenda Bondowoso, Jawa Timur. [Ihsan Kholil]

Bondowoso, Bhirawa
Kabupaten Bondowoso hanya memiliki satu Stadion sepak bola yang berada di wilayah Kelurahan Badean, yakni Stadion Magenda dengan tribun penonton beton. Pada tahun 2017 silam, sebelum stadion Magenda ini direnovasi, kondisinya sangat memprihatinkan. Yang mana, markas Club Persebo Bondowoso Muda itu hanya dengan modal tribun kayu saja.
Hingga kini, kondisi Stadion Magenda pun masih memprihatinkan walaupun sudah berdiri kokoh tribun penonton dengan beton tersebut. Kondisinya masih belum lebih baik.
Dari pantauan di lokasi, tribun dengan kapasitas sekitar tak lebih dari lima ribu penonton itu. Dibeberapa titik sudah ada semen tribun yang mengelupas. Tribun penonton stadion Magenda itu pun masih tribun terbuka, alias tribun sekelas ekonomi.
Belum lagi fasilitas lainnya. Seperti rumput lapangan, locker room, ruang wasit, toilet, papan skor, hingga drainase lapangan. Kondisinya pun sangat memprihatinkan. Ditambah lagi, saat ini stadion Magenda sepi dari aktivitas sepakbola.
Apalagi disituasi pandemi Covid-19 sekarang ini. Dimana jarang sekali klub internal sepak bola atau kelompok lainnya menyewa stadion tersebut untuk sebatas pertandingan persahabatan.
Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso, Ririn Mardikaningrum menjelaskan, bahwa selama pandemi Covid-19, Satgas Covid-19 Bondowoso mengeluarkan SE untuk tidak mengadakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan.
“Selama pandemi memang ada surat dari gugus tugas covid tidak dapat membuat acara kerumunan. Saat new normal beberapa waktu lalu kami membuat seperti surat keterangan, apabila ada yang menyewa stadion Magenda,” jelas Ririn.
Kata Ririn, walaupun dalam masa new normal, Stadion Magenda pun masih sepi dari pegiat olahraga.
“Kalau mau menyewa tentu ada syaratnya. Seperti tidak bisa memenuhi seluruh kapasitas stadion, hanya boleh sepertiganya saja. Dinas mengeluarkan surat keterangan kuota tribun orang yang boleh masuk,” terang Ririn.
Ririn pun menjelaskan, para calon penyewa stadion Magenda bila ingin mengadakan kegiatan olahraga, harus juga meminta izin kepada kepolisian dan gugus tugas BPBD Bondowoso. Bila izin sudah rampung, maka pihaknya akan mengeluarkan rekomendasi.
“Dari sana mereka mendapatkan izin, kami mengeluarkan rekomendasinya. Tahun depan pun alurnya masih sama,” tandasnya. [san]

Tags: