Stikosa AWS Donasikan Masker dan Hand Sanitizer Lewat PWI Jatim

Surabaya, Bhirawa
Jurnalis menjadi salah satu profesi yang tetap harus bekerja di lapangan di saat pandemi Corona Virus Disease (COVID) 19 seperti sekarang. Meski dalam menjalankan tugas ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dari rumah, namun meliput dan mewawancarai narasumber harus dilakukan dengan terjun langsung.
Terpapar virus dari masyarakat saat meliput, merupakan salah satu risiko yang harus dihadapi oleh para jurnalis. Menyikapi kondisi ini, Stikosa AWS sebagai kampus yang dilahirkan dan melahirkan jurnalis sejak 1964 tersebut, tergerak untuk peduli pada kesehatan dan keselamatan jurnalis.
Hal ini ditindaklanjuti dengan menyalurkan bantuan berupa 252 masker dan hand sanitizer bagi para jurnalis. Bantuan diserahkan melalui organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur yang diterima langsung oleh Ketua PWI Jatim, Ainur Rohim.
“Kepedulian ini merupakan salah satu upaya kampus untuk turut serta mencegah penyebaran virus COVID 19. Jurnalis bagi kami merupakan salah satu profesi penting untuk menyebarluaskan informasi bagi publik,” kata Ketua Stikosa AWS, Prida Ariani Ambar Astuti saat dikonfirmasi, Sabtu (16/5).
Menurutnya, mobilitas untuk melakukan peliputan saat pandemi menjadikan jurnalis masuk kelompok rentan terpapar virus.
“Mereka, kawan-kawan jurnalis masuk kategori orang dalam resiko (ODR) tertular COVID 19. Sama halnya dengan para tenanga medis dan paramedis yang menangani pasien atau aparat keamanan yang masih terus bekerja, terlebih saat penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) saat ini,” ungkapnya.
Untuk saat ini, pihaknya membantu para jurnalis di Jawa Timur, khususnya Surabaya dengan memberikan masker dan hand sanitizer. “Minimal penggunaan masker dan hand sanitizer bagi para jurnalis ini menjadi upaya preventif dalam mencegah penularan COVID 19,” katanya.
Usai menyerahkan bantuan, Ketua Stikosa AWS didampingi tiga Wakil Ketua juga melakukan diskusi sederhana dengan pengurus PWI Jatim.
“Kami sempat diskusi dan menggagas kerjasama yang lebih intens antara Stikosa AWS dan PWI Jatim. Apalagi Ketua PWI Jatim juga merupakan anggota Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Wartawan Jawa Timur yang menaungi Stikosa AWS. Semoga ke depan kerjasama bisa semakin baik,” pungkasnya. [geh]

Tags: