Sumur 8 Petrochina Kebakaran, 3 Orang Mengalami Luka Bakar

28-petrochinaBojonegoro, Bhirawa
Kebakaran di Lapangan Minyak dan Gas Bumi (Migas) Sukowati, tepatnya di Pad B Desa Ngampel Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, mengakibat tiga orang mengalami luka bakar. Korban segera mendapat perawatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro, Selasa (27/5) dini hari.
Tiga korban kebakaran tersebut yakni  Karsam (28) dan Nurul Huda (22). Keduanya warga asal Kecamatan Soko Kabupaten Tuban, serta Puji Prajoko (26) dari Lampung.
Pantauan di rumah sakit hingga pukul 02.30, tampak luka bakar terparah diderita Puji yang hingga mencapai sekitar 30 persen tepatnya di tangan, kaki dan muka. Sedangkan, Taksam 15persen menderita luka bakar di lengan bawah sebelah kiri, jari dan leher.
Sementara itu Nurul Huda ada luka kurang lebih 18 persen di beberapa bagian tubuhnya. “Masih dilihat perkembangannya,” jelas petugas berpakaian putih itu.
Field Manajer (FM) JOB-PPEJ) Junizar H. Dipodiwirjo mengatakan, bahwa kebakaran terjadi di sumur 8 Pad B Lapangan Sukowati yang sedang terdapat rig pemeliharaan. ” Tapi sampai sekarang ini kita belum tahu penyebab kebakaran itu,”¬† jelas Junizar.
Dikatakannya, akibat kebakaran tersebut, rig yang melakukan pemeliharaan rusak. Selain itu juga ada kabel-kabel di rig, serta instrumentasi sumur juga tidak luput terbakar. Karena kejadian tersebut, semua aktivitas pemeliharaan di sumur 8 dihentikan. ” Kita akan menginvestigasi penyebab-penyebab agar kejadian serupa tidak terulang lagi,” imbuhnya.
Menurut beberapa sumber di lapangan, tiga korban tersebut saat kejadian pukul 00.15 berada tidak jauh dari lokasi pembersihan sumur 8 Pad B, Lapangan Sukowati. Begitu ada pekerja yang menjadi korban, ambulans secepatnya membawa tiga orang tersebut ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Tidak berapa lama setelah itu api berkobar selama kurang lebih 20 menit. Dengan cepat, petugas dari JOB P-PEJ bisa memadamkan api.
Sementara itu Ketua Penanggulangan Kejadian Darurat Bencana (PKDB) Bojonegoro Letkol Arh Sjahrir Rijadi meninjau ke lokasi kejadian kebakaran sumur minyak di Lapangan B Sukowati di Desa Ngampe yang menyebabkan tiga pekerja mengalami luka bakar.
“Kami baru menerima laporan ada kejadian kebakaran sumur minyak Sukowati pagi tadi. Yang jelas sekarang kejadian kebakaran sudah bisa terkendali,” kata Letkol Arh Sjahrir Riyadi, yang juga Komandan Kodim 0813 di lokasi kejadian.
Namun, ia mengaku belum memperoleh laporan dari Manajemen Joint Operating Body (JOB) Pertamina-Petrochina East Java (PPEJ) mengenai penyebab kebakaran sumur minyak itu. “Ada tiga pekerja yang mengalami luka-luka,” jelasnya.
Kepada Letkol Arh Sjahrir Riyadi, petugas Joint Operating Body (JOB) Pertamina Petrochina East Java (PPEJ) Nurhasyim menjelaskan kejadian kebakaran sumur minyak Sukowati 8 berawal dari sejumlah pekerja yang melakukan pembersihan sumur minyak. Ketika pekerja membersihkan pipa sumur minyak, muncul percikan api yang menimbulkan kebakaran di sekitar lokasi sumur minyak. “Dalam kejadian itu ada tiga pekerja yang mengalami luka bakar yang saat ini menjalani perawatan di RS Muna Anggita,” paparnya.
Ditanya mengenai penyebab kebakaran, Nurhasyim mengelak memberikan keterangan dan mempersilakan menanyakan langsung kepada Manajemen JOB PPEJ. Namun, ia menjelaskan pembersihan yang dilakukan di sumur minyak 8 Sukowati, karena ada gangguan teknis produksi, tetapi rencananya akan dilakukan uji coba produksi kembali, Rabu (28/5) ini. [bas]

Tags: