Tagana Bantu Pendataan Pengungsi Erupsi Semeru

Tagana membantu pendataan terhadap pengungsi akibat erupsi Gunung Semeru.

Pemprov, Bhirawa
Erupsi Gunung Semeru membuat beberapa wilayah dari Kabupaten Lumajang terkena dampak. Penduduk yang mengungsi kini tengah dilakukan pendataan oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Lumajang. Diantaranya, pengungsi dari dusun sumbersari dan dusun kamar A desa Supit Urang Kecamatan Pronojiwo.
Koordinator Tagana Jatim, Twi Adi menyampaikan, saat ini Tagana terus bergerak untuk membantu. Tidak hanya turut membantu melakukan pendataan pengungsi, namun mereka juga telah membagikan nasi bungkus bagi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru.
“Sampai saat ini, kami belum membuka dapur umum. Masih menunggu koordinasi selanjutnya. Meski demikian, kami juga sudah siap jika memang diperlukan untuk membuka dapur umum,” katanya, Selasa (12/1).
Sebelumnya dikabarkan, kalau sejak erupsi Gunung Semeru itu yang mengeluarkan guguran lava panas, membuat masyarakat Desa Oro oro Ombo dan Supit Urang mengungsi ke tempat aman. Dari informasi sementara, jumlah pengungsi sebanyak 250 jiwa lebih.
Kendati ada pengungsi yang kembali, namun masih dikhawatitkan karena musim hujan maka material pasir yang menumpuk di aliran sungai. Untuk itu diperlukan kewaspadaan dan kesiagabencanaan susulan erupsi guguran lava panas di aliran sungai Besuk Kobo’qan Desa Supit Urang. [rac]

Tags: