Tagana Lakukan Pembibitan di Pantai Blado Munjungan

Pemprov Jatim, Bhirawa
Sambut Harlah Tagana Pada tahun ini, banyak hal yang dilakukan Tagana Jatim termasuk didalamnya Tagana Kabupaten/Kota. Diantaranta seperti Tagana Dinas Sosial PPPA dan KSB Sumbreng Munjungan melakukan giat pembibitan dalam rangka Tagana Menjaga Alam di Pantai Blado Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur.

Kegiatan yang bertajuk Penanaman Satu Juta Pohon, Tagana bersinergi dengan Kampung Siaga Bencana (KSB) Sumbreng Kabupaten Trenggalek dengan tidak mengabaikan prokes covid 19, yakni mempersiapkan APD, jaga jarak dan menyediakan tempat cuci tangan.

Kemudian selanjutnya KSB dan Tagana menyiapkan bahan dan alat pembibitan, seperti pollybek pasir serta bibit itu sendiri.

Koordinator Tagana Trenggalek Minggar mengatakan pihaknya bersama KSB bersinergi gelar pembibitan. “Bibit pohon yang tersemai hari ini yaitu 100 bibit mangrove, 65 bibit nyamplung dan 250 bibit geben dan masih ada 175 media kosong yang siap dilanjutkan besok” kata Minggar

Ke depan dengan upaya menggandeng beberapa komunitas lokal yang ada di wilayah Kecamatan Munjungan, rencananya akan melakukan pembibitan pohon pelindung secara kontinyu, sebagai upaya Tagana Dinas Sosial serta KSB guna melestarikan lingkungan dan terjaganya ekosistem.

“Jika kita menjaga alam maka sebaliknya alam akan menjaga kita” imbuhnya.

Sementara Koordinator Tagana Jatim, Twi Adi menyampaikan, Tagana Jatim bersama tagana Kabupaten/kota berupaya terus melakukan pembibitan tanaman. Nantinya, bibit tersebut disebarkan ke wilayah yang membutuhkan penghijauan kembali. [rac]

Tags: