Tahapan Pemilu Dimulai Tahun Ini, Bawaslu Kabupaten Blitar Menunggu Intruksi

Abdul Hakam Sholahudin. [Hartono/Bhirawa]

Kab Blitar, Bhirawa.
Direncanakan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) dimulai tahun 2022, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar menunggu instruksi lebih lanjut dari pusat terkait Pendaftaran Pemantau Pemilu tahun 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Sholahudin mengatakan untuk Pendaftaran Pemantau Pemilu 2024 tingkat Kabupaten/Kota masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pusat, meskipun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pusat sudah resmi membuka Pemantau Pemilu 2024.

“Kami masih menunggu intruksi untuk tahapan Pendaftaran Pemantau Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Blitar,” kata Abdul Hakam Sholahudin.

Lanjut Hakam, pihaknya juga mengaku sudah ada beberapa kelompok masyarakat yang bertanya persyaratan menjadi Pemantau Pemilu tahun 2024, mengingat PKPU tentang tahapan Pemilu 2024 sudah disahkan.

“Dan tahapan Pemilu tahun 2024 akan dimulai pada tanggal 14 Juni 2022,” ujarnya. Selain itu dikatakan Hakam, beberapa kelompok masyarakat yang bertanya dan berkonsultasi terkait Pemantau Pemilu 2024, juga menanyakan secara teknis dan administrasi bagaimana caranya serta apa saja syaratnya.

Karena menurutnya keberadaan pemantau Pemilu diyakini dapat membantu kinerja Bawaslu dalam melakukan pengawasan Pemilu. “Pendaftaran Pemantau Pemilu akan dilakukan secara serentak yang berada di Bawaslu, juga ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti harus berbadan hukum, memiliki anggaran sendiri dan lain-lain sebagainya. Sehingga mereka juga harus siap untuk melengkapinya jika sudah ada jadwal pendaftarannya,” pungkasnya. [htn.dre]

Tags: