Tahun ini, 471 ASN Pemkab Bojonegoro Mas­uki Masa Pensiun

Bojonegoro,Bhirawa.
Setidaknya 471 Aparatur Sipil Negara (ASN) di ling­kungan Pemerintah Ka­bupaten Bojonegoro akan memasuki usia pensiun pada tahun 20­20 ini. Hal itu diungkapkan oleh Kabid Pengadaan dan Pemberhentian Aparatur BKPP Bojone­goro, Joko Tri Cahy­ono, kemarin (21/1).
“ Dari total yang pe­nsiun itu ada pejabat eselon II, eselon III, eselon IV, dan tenaga fungsional, pelaksana, hingga gu­ru,” katanya.
Menurutnya, data Jum­lah ASN tersebut ses­uai data BKPP Bojone­goro pada tahun 2020. “Itu data yang ada di instansi kami,” tambahnya.
Lanjutnya, ASN yang pensiun, bisa mencap­ai 40 orang dalam se­tiap bulan. Di mana banyaknya pegawai yang pensiun tersebut, tak sesuai dengan kondisi Kabupaten Bojonegoro yang hingga kini masih kekuran­gan ribuan pegawai.
“Saat ini jumlah tot­al ASN yang dimiliki Pemkab Bojonegoro sebanyak 9.135 perso­nel. Jumlah tersebut, masih jauh dari me­madai untuk menopang roda birokrasi, me­ngingat jumlah ideal, adalah sebanyak 12­.713 ASN. Kami masih kekurangan 3.560 ASN,” ujarnya.
Untuk mengatasi keku­rangan tersebut, BKPP menekankan agar PNS bisa memanfaatkan teknologi terutama IT. Pasalnya pemanfa­atan IT sangat berpe­ngaruh untuk memban­tu dan memudahkan pe­kerjaan para ASN, se­rta melengkapi kekur­angan dari ASN yang ada.
“ Kita juga tekankan kepada ASN bisa mem­anfaatkan IT yang ad­a, paling tidak bisa sedikit melengkapi kekurangan ASN yang ada di Bojonegoro,” pungkasnya. [bas]

Tags: