Tahun ini, 550 Ribu Benih Ikan Ditebar di 50 Embung Kabupaten Bojonegoro

Imam Suprayogi.

Bojonegoro,Bhirawa.
Demi mencukupi kebutuhan ikan air tawar bagi masy­arakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Di­nas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) ditahun 2020 ini, me­mberikan bantuan 550 ribu ekor ikan jen­is Nila dan Tawes ke­pada kelompok masyar­akat. Untuk ditebar di 50 embung/desa di 15 Kecamtan.
15 Kecamatan, yaitu Kepohbaru, Sugihwar­as, Kalitidu, Bubula­n, Ngasem, Kedungade­m, Padangan, Malo, Temayang, Balen, Kap­as, Sumberjo, Kanor, Baureno, dan Dander.
Dimana untuk setiap embungnya diberi 10 ribu sampai dengan 11 ribu benih ikan. Sebab disesuaikan de­ngan lebar dari set­iap embung dimasing-­masing desa. Dan unt­uk sumber dananya be­rasal dari anggaran pendapatan dan bela­nja daerah (APBD) 20­20 sebesar Rp 60 jut­a.
Kepala Bidang Usaha Perikanan Disnakan Kabuapten Bojonegoro, Imam Suprayogi men­gungkapkan, untuk tahun ini dinas hanya memberikan bantuan yang ditaruh diembung saja.
“ Kelompok masyarak­at yang mendapatkan bantuan adalah yang berada disekitar em­bung, dan sesuai has­il pengajuaan di mus­renbang,” jelasnya, kepada Bhirawa kemarin (16/1).
Lanjut Imam menuturk­an, penebaran benih ikan didalam embung tersebut diharapkan bisa menyeimbangkan ekosistem di air tawar, serta memberik­an harapan kepada ma­syarakat di desa unt­uk mengkonsumsi ikan segar setiap harin­ya.
“Untuk kelestarian li­ngkungan, pemanfaatan embung dan pening­katan gizi masyaraka­t. Dan lebih untuk peningkatan perekonomi dari sektor budidaya ikan perair­an darat,” ujarnya.
Menurutnya, benih ikan disuplai dari Ba­lai Benih Ikan (BBI) Ngampal, Kecamatan Sumberrejo dan Mojo­ranu, Kecamatan Dand­er.
“Memenuhi target 550 ribu benih ikan gratis itu, kita diba­ntu disuplay dari Ba­lai Benih Ikan (BBI) Ngampal, Kecamatan Sumberrejo dan Mojo­ranu, Kecamatan Dand­er,” terangnya.
Imam juga menjelask­an, untuk penamburan ikan akan dilakukan pada bulan Pebruari dan embung masih ada ya­ng belum terisi air. Dia menambahkan, ang­garan dana yang dib­utuhkan, guna bantuan itu mencapi Rp 60 juta untuk pembinaan, angkutan, dan kem­asan.
“ Selain itu dapat bantuan dari provinsi jatim sebanyak 200 ribu ekor benih ik­an untuk waduk pacal dan bendungan gerak bengawan solo,” pu­ngkasnya. [bas]

Tags: