Tahun Ini, Pemkab Pasuruan Tambah Ruang Terbuka Hijau

Teks Foto: Sebuah gapura selamat datang di kawasan wisata Prigen Kabupaten Pasuruan. Di kawasan Prigen akan ditambah Ruang Terbuka Hijau.

Pasuruan, Bhirawa
Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah Kabupaten Pasuruan belum ideal, yakni masih di bawah 20 persen dari total luas wilayah. Makanya, Pemkab Pasuruan berencana menambah jumlah RTH itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan, Heru Farianto menyampaikan penambahan jumlah RTH dinilai penting, mengingat luasannya yang masih rendah. Yaitu masih di bawah 10 persen. Adapun idealnya, luasan RTH di satu daerah adalah 20 persen dari total luas daerah.

“Rencananya kami akan menambah jumlah RTH di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Pasuruan. Pembangunannya dilakukan tahun ini,” ujar Heru Farianto, Selasa (23/2).

Rencananya, akan menambah 10 titik RTH baru di 5 Kecamatan. Antara lain di Kecamatan Prigen, Kejayan, Rejoso, Pandaan dan Gondangwetan. Anggarannya mencapai Rp 2 miliar.

“Adapun fungsi RTH, selain bisa menyerap kadar karbondioksida dan menambah oksigen, juga menjadi area resapan air hingga lainnya,” terang Heru Farianto.

Saat ini, luasan RTH di Kabupaten Pasuruan sekitar 28 ribu hektar. Jumlah itu tak sampai 20 persen dari luasan wilayah yang mencapai 144 rbu hektar. Sedangkan lokasi yang ditentukan itu, sebelumnya sudah melalui tahap survei pada tahun lalu. Skema pembangunannya yakni penunjukan langsung. Karena, tiap titik anggarannya tak terlalu besar.

“Saat ini masih dalam proses perencanaan. Usai itu baru realisasinya dilakukan. Pembangunannya usai lebaran nanti,” jelas Heru Farianto. [hil]

Tags: