Tahura R Soerjo Mulai Antisipasi Karhutla

Gunung Arjuno, Welirang dan Ringgit terlihat cerah dan indah dari kawasan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Pasuruan, Bhirawa
Hampir tiap tahunnya, sejumlah hutan yang ada di Kabupaten Pasuruan kerap terjadi kebakaran. Sedangkan, bulan Agustus dan September nanti diprediksi mulai masuk puncak musim kemarau.

Adanya ancaman kebakaran hutan tersebut membuat Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo yang meliputi Gunung Arjuno, Welirang dan Ringgit mengantisipasi. Yaitu selain menggalakkan dukungan masyarakat, juga mengintensifkan patrol.

“Tentu saat musim puncak kemarau, kebakaran hutan sangat berpotensi terjadi. Ini merupakan tugas berat dan antisipasinya adalah harus melibatkan banyak pihak. Baik desa penyangga hutan dan masyarakat umum,” ujar Kepala UPT Tahura R Soerjo, Ahmad Wahyudi, Rabu (29/7).

Disinggung faktor apa yang menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di UPT Tahura R Soerjo. Pihaknya menjelaskan bahwa ada dua faktor yang menjadi pusat permasalahan itu. Yaitu faktor pembukaan hutan hingga perburuan liar.

“Itu yang mengakibatkan terjadinya karhutla di wilayah Pasuruan adalah pembukaan hutan hingga perburuan liar. Jadi, dua faktor pemicu itu adalah paling dominan,” kata Ahmad Wahyudi. [hil]

Tags: