Tak Henti Lahirkan Inovasi

Diah Purworini

Diah Purworini
Menjadi seorang ASN, kini terus dituntut untuk melakukan inovasi dalam mendukung kinerjanya. Satu inovasi bahkan tak cukup, melahirkan inovasi harus terus dilakukan untuk menjawab setiap persoalan di lingkungan kerjanya.
Seperti yang dilakukan Diah Purworini. Perempuan yang kini duduk sebagai Kepala Bagian PPI Biro Humas dan Protokol Setda Prov Jatim tersebut tak pernah puas dengan berinovasi. Sejak bertugas 2017 lalu, dia memegang prinsip one year one innovation (Satu tahun satu inovasi). “Selama masih ada permasalahan disekitar kita, khususnya dalam melaksanakan tugas sehari-hari, disitulah inovasi dapat dilakukan,” ungkap Diah.
Berbagai inovasi telah dihasilkan oleh tangan dingin ibu dua anak ini. Tahun ini Diah bersama tim sedang membangun SISTRADA yang akan diimplementasikan pada awal Januari 2021 mendatang. SISTRADA adalah aplikasi percepatan pengelolaan dan pengendalian dokumen pengadaan barang/ jasa. Hal ini sejalan dengan semangat Gubernur Jawa Timur yang telah mendapatkan penghargaan pada ajang Indonesia Government Procurement Awards 2020 untuk kategori Pusat Keunggulan Pengadaan dari LKPP-RI.
Diah berharap inovasi yang dilakukannya bersama tim Biro Humas dan Protokol dapat merepresentasikan amanah Gubernur Jawa Timur yang terus menggelorakan semangat one agency one innovation. “Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Kepala Biro Humas dan Protokol yang telah memberikan kepercayaan kepada kami,” jelas Diah.
SISTRADA bukan inovasi pertama yang ditelorkan Diah. Pada awal tahun 2017 pihaknya juga mengembangkan Sistem Informasi Monitoring Media (Simomed), yang tahun ini mendapat penghargaan nasional pada ajang PR Indonesia Award 2020. Selanjutnya pada 2018, dia meluncurkan Sistem Penomoran Dokumen (Sinomen) yang berfungsi menggantikan buku agenda nomor surat, nomor SPT, nomor SK dan lainnya. Sinomen dapat diakses secara online 24 jam, sehingga para staf dilingkungan Biro Humas dan Protokol bisa melakukan penomoran dokumen secara mandiri, kapanpun dan dimanapun. “ini menjadi solusi jitu, sebab ruang kerja kami terpisah, satu di lantai 2 dan satu lagi di lantai 7, intensitas tugas lapangan juga sangat tinggi,” terangnya.
Setahun berikutnya, di tahun 2019, lagi-lagi Diah dan tim dipercaya membuat sebuah Inovasi yang juga mendukung perhelatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Jawa Timur, inovasi itu diberi nama Si-EJA (Sistem Event and Journey Arranger), EJA sendiri diambil dari nama maskot HPN saat itu. “Tahun ini, Alhamdulillah, kami masih terus konsisten dengan semangat inovasi,” tutur Diah.
Selain Sistrada, tahun ini Diah dan tim mengeluarkan inovasi SICETTAR (Sistem Screening Terpadu Petugas Humas dan Protokol) yang dimanfaatkan oleh para petugas Humas dan Protokol dalam melakukan screening Gejala Covid-19 secara mandiri sebelum melaksanakan tugas lapangan. “Sistem ini juga turut kami kompetisikan pada gelaran Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB Agustus lalu” pungkasnya. [tam]

Rate this article!
Tags: