Tak Ikut UN, Dua Siswa Tak Lulus

Sumenep, Bhirawa
Dari  5.132 siswa peserta Ujian Nasional (UN) SMA/SMK di Kabupaten Sumenep, sebanyak dua siswa SMA dinyatakan tidak lulus. Masing-masing dua siswa itu antara lain siswa SMAN Gapura dan SMAN Kepulauan Arjasa.
Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Ahmad Sadik mengatakan, untuk peserta UN SMA sebanyak 4.116 orang, SMK sebanyak 1016 orang. Dari peserta UN SMA ada dua siswa yang tidak lulus karena tidak ikut ujian smester sekolah. Satu siswa yakni siswa SMA Gapura ditahan di Mapolres Sumenep karena tersandung kasus perkelahian.
“Peserta UN SMA dan SMK di Sumenep tahun ini sebanyak 5.132 siswa, SMA sebanyak 4.116 siswa dan SMK sebanyak 1016 siswa. Dari peserta UN SMA itu dua diantaranya tidak lulus, sedangkan SMK lulus 100 persen,” kata Ahmad Sadik, Selasa (20/5).
Sadik memaparkan, dua siswa yang dinyatakan tidak lulus itu masih diberi kesempatan mengikuti ujian kejar paket C pada bulan Agustus mendatang. Jika pada kejar paket C itu masih tidak lulus, mereka harus mengikuti ujian ditahun berikutnya. “Dua siswa yang tidak lulus itu masih bisa mengikuti ujian kejar paket C yang akan digelar pada bulan Agustus,” ungkapnya.
Dia memastikan, dalam momen pelulusan tahun ini, konvoi kendaraan yang biasa dilakukan siswa dapat dikendalikan. Sebab, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan swiping terhadap siswa konvoi dan aksi corat-coret baju seragam. “Kalau siswa itu melakukan aksi konvoi dan corat-coret baju seragam, kami serahkan sepenuhnya pada pihak kepolisian, terutama bagi mereka yang tidak menggunakan helm,” paparnya.
Terkait sanksi bagi siswa yang aksi konvoi dan corat-coret baju seragam, pihaknya menyerahkan pada pihak sekolah karena di setiap sekolah sistem pelulusannya sangat beragam, ada yang diberikan langsung kepada orang tuanya dan ada yang melalui internet. “Yang jelas sistem pelulusan di setiap sekolah berbeda-beda. Hal itu merupakan upaya untuk meminimalisir terjadinya aksi konvoi dan corat-coret baju seragam,” pungkasnya. [sul]

Rate this article!
Tags: