Tak Punya KIS dan BPJS, Warga Sidoarjo Tetap Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis

Sejumlah Kades di Kabupaten Sidoarjo, diundang dalam rapat koordinasi terkait pelayanan pengobatan bagi warga tidak mampu. [ali/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Warga miskin di Kabupaten Sidoarjo yang tidak mempunyai Kartu Indonesia Sehat (KIS) maupun kartu BPJS kesehatan, tidak perlu bingung untuk bisa berobat gratis ke sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes) maupun rumah sakit (RS).

Dinas Sosial Kab Sidoarjo minta mereka segera mengurus surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari desa setempat, selanjutnya dibawa ke Dinas Sosial Kab Sidoarjo untuk mendapatkan rekomendasi. “SKTM warga ini akan kami rekomendasikan ke sejumlah rumah sakit yang ada di Sidoarjo, supaya segera mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis,” kata Kepala Dinas Sosial Kab Sidoarjo, Drs Asrofi MM, Kamis (13/1) kemarin, di ruang delta karya, saat rapat koordinasi dengan para sejumlah Kades di Kab Sidoarjo.

Dirinya meminta kepada para Kepala Desa yang ada di Kab Sidoarjo agar segera mensosialisasikan informasi ini kepada semua warganya. Dinas Sosial Sidoarjo, menurut Asrofi, dalam setiap harinya kurang lebih merekomendasikan sampai 60 an SKTM warga ke sejumlah rumah sakit di Sidoarjo, supaya mereka segera mendapat pelayanan kesehatan secara gratis. “Kami yang merekomendasikan SKTM warga ini, nanti masalah biaya pelayanan kesehatannya,, ditanggung oleh Dinas Kesehatan Sidoarjo lewat program Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin atau JKMM,” ujar Asrofi.

Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo, dr Abdilah Asegaf MM, mengatakan SKTM warga Sidoarjo ini bisa direkomendasikan ke RSUD Sidoarjo dan kepada 27 Puskesmas yang ada. Serta 4 RS swasta yang ada di Sidoarjo. Yaitu RSI Siti Hajar, RS Anwar Medika, RSI Siti Khodijah dan RS Mitra Keluarga. “Jumlah rumah sakitnya kami tambah lebih banyak lagi, supaya warga bisa segera cepat mendapat pelayanan kesehatan,” katanya.

Ketua Forum Kepala Desa Kab Sidoarjo, Sulton Heru, saat rapat koordinasi yang dihadiri juga oleh Wabup Subandi itu, mengucapkan terima kasih atas solusi dan gerak cepat dari OPD terkait, untuk masalah biaya pengobatan bagi warga tidak mampu di Kab Sidoarjo tersebut. “Kalau seandainya masalah pelayanan pengobatan gratis bagi warga tidak mampu ini sampai tidak ada solusi, kemungkinan kami akan melakukan demo,” ujarnya.[kus.ca]

Tags: