Tak Serius, Pelamar Pegawai RSUD Didenda Rp5 Juta

3-foto gak serius lamar-AliSidoarjo, Bhirawa
RSUD Sidoarjo benar-benar membutuhkan pegawai. Karena itu calon pegawai yang melamar diharap serius dan tak main-main. Misalnya saja, sudah dinyatakan lolos seleksi dan diterima sebagai pegawai non PNS BLUD RSUD Sidoarjo tapi malah mengundurkan diri.
Maka untuk meminimalisir calon pegawai (Capeg) yang hanya main-main, pihak panitia penerimaan calon pegawai non PNS RSUD Sidoarjo, mewajibkan pelamar untuk menandatangani surat pernyataan diatas materai Rp6 ribu. Yang menyatakan, apabila Capeg mundur setelah lulus seleksi dan diterima sebagai pegawai non PNS BLUD, mereka sanggup mengganti biaya sebesar Rp5 juta yang disetor ke kas BLUD RSUD Sidoarjo.
”Agar pelamar tak main-main, sebab kita ini benar-benar butuh pegawai,” jelas Koordinator Panitia Penerimaan calon pegawai non PNS BLUD RSUD Sidoarjo, Drg Syaf Satriawarman SP Pros, Rabu (2/4), disela-sela memantau pendaftaran pelamar pegawai di Ruang Poli Eksekutif RSUD Sidoarjo.
Selain itu, lanjut Syaf yang juga Wakil Direktur RSUD Bidang  Perencanaan dan Pendidikan itu, apabila mereka juga mundur sebelum habis masa kontrak satu tahun pertama, mereka juga harus sanggup mengganti biaya Rp10 juta. Juga disetor ke kas BLUD RSUD Sidoarjo. Dalam kesempatan yang sama, Dirut RSUD Sidoarjo, dr Atok Irawan SpP menyampaikan dengan penerimaan pegawai non PNS tahun ini diharapkan bisa mencukupi kekurangan pegawai.
Misalnya saja untuk tenaga apoteker. Tahun ini butuh agak banyak agar bisa sesuai dengan standar akreditasi versi 2012 yang kini sedang dijalankan RSUD Sidoarjo. Keberadaan apoteker, kata Atok, kini mempunyai Tupoksi memberikan penjelasan pada pasien tentang kandungan obat, bukan lagi oleh perawat.
”Selama ini obat diberikan perawat pada pasien, sekarang bukan Tupoksi dari perawat, tapi oleh apoteker, juga memberikan penjelasan pada pasien,” jelas Atok.
Pengisian kekurangan pegawai ini, kata Atok, juga untuk mengisi pegawai yang ada di Poli Eksekutif yang selama ini masih buka pagi hari saja. Mulai Selasa (1/4)  kemarin, mulai diresmikan layanannya untuk buka sore sampai malam hari. Otomotis RSUD butuh tambahan pegawai.
Pendaftaran untuk tenaga kesehatan, sudah dibuka pada Rabu (2/4) kemarin dan untuk tenaga teknis akan dibuka Kamis (3/4) hari ini. Pendaftaran dimulai pukul 08.00-14.00 WIB. Bertempat di Poli Eksekutif RSUD Sidoarjo Jl Mojopahit 667, Sidoarjo. Jumlah pegawai yang dibutuhkan, untuk tenaga kesehatan sebanyak 74 dan tenaga teknis sebanyak 22.
Ketua Panitia Penerimaan calon pegawai non PNS BLUD  RSUD Sidoarjo, Samuel Indrayana Ssos MSi, menyampaikan, pendaftaran ini tidak dipungut biaya. Panitia penerimaan Capeg RSUD tak bertanggung jawab terhadap oknum siapapun, baik perorangan maupun lembaga yang mengatasnamakan RSUD Sidoarjo, yang mengaku bisa membantu pelamar untuk dapat diterima sebagai pegawai non PNS BLUD RSUD Sidoarjo. [ali]

Tags: