Taman Safari Prigen Buka Wahana Musium Sirkus

Penampilan sirkus di wahana baru TSP, di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, yakni ILM atau Museum Sirkus, Senin (18/1). Musium sirkus ini merupakan museum sirkus pertama di Indonesia.

Pasuruan, Bhirawa
Tak henti-hentinya Taman Safari Prigen (TSP) di wilayah Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan selalu menghadirkan wahana baru. Pada awal tahun 2021 ini, TSP membuka wahana baru yang diberi nama Interactive Living Museum (ILM) atau Museum Sirkus.

ILM adalah adaptasi pertunjukan sirkus legendaris di Indonesia Oriental Circus Indonesia (OCI). Karena ILM terlahir dari perjalanan OCI yang sudah berkarya selama 50 tahun, kini menjadi sirkus tertua di Indonesia.

“ILM tetap menampilkan keunikan yang dimiliki oleh sebuah pertunjukan sirkus. OCI memilih menetap dan terlahir kembali,” ujar Direktur Taman Safari Indonesia (TSI) Group, Jansen Manansang, Senin (18/1).

Di dalam wahana Museum Sirkus itu terdapat sejumlah wahana, yakni mulai dari wahana rekreasi, tenda besar (Big Top) dan pertunjukan spektakuler. Selain itu, TSP juga menyuguhkan banyak tempat instagramable yang bisa diabadikan oleh pengunjung dengan sensasi yang berbeda. Bahkan, pengunjung bisa merasakan bagaimana proses pertunjukan sirkus yang berlangsung.

“Kami menghadirkan semua ruangan yang dibawa saat pertunjukkan sirkus. Mirip aslinya. Di area ini, ada kendaraan yang disulap menjadi ruang kostum, ruang make up, ruang makan, ruang tidur dan segala macam peralatan sirkus yang biasa digunakan,” terang Jansen Manansang.

Meski bertajuk sirkus, pihaknya tetap memberikan sentuhan konservasi satwa di ILM. Hal itu bisa dilihat dari berbagai spesies satwa bisa ditemui secara langsung di area bernama Pet Island. Yaitu, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan satwa-satwa, seperti anjing pudel, kelinci, landak, liama hingga lainnya.

“Perawat satwa yang mengenakan kostum kurcaci. Jadi, pengunjung seolah-olah sedang berada di negeri dongeng,” urainya GM Taman Safari Prigen, Diaz Yonadie.

Disinggung harga tiket masuk ILM, Diaz menyatakan bahwa tiket masuk dijual dengan harga Rp 25.000 per orang untuk weekdays dan Rp 30.000 per orang untuk weekend atau hari libur. Sedangkan untuk berfoto bersama satwa dan memberi makan satwa, biayanya mulai Rp 10.000 per orang.

Harga-harga tiket tersebut di luar dari harga tiket Taman Safari Prigen. Karena, ILM sendiri berlokasi di luar area Taman Safari Prigen meski masih berada dalam satu kawasan.

“Sebagai pengelola, kami akan menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Setiap pengunjung diwajibkan untuk memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan di tempat-tempat yang telah disediakan,” kata Diaz Yonadie.

Termasuk pula, setiap pengunjung yang akan memasuki museum wajib diperiksa suhu tubuhnya. Apabila melebihi 37,5 derajat celcius, maka dilarang masuk. Di area Pet Island, juga dibatasi maksimal 150 orang dalam waktu bersamaan. hil

Tags: