Tanggul Bengawan Solo Sleding, Warga Diminta Waspada

Anggota TNI Kodim 0812 Lamongan saat melaksanakan kerja bakti membuka akses jalan yang terkena longsor.(Alimun Hakim/Bhirawa).

Lamongan, Bhirawa
Tanggul Bengawan Solo yang terletak di daerah Desa Karangturi , Kecamatan Glagah mengalami sleding atau longsor 25 meter. Akibatnya, tanah longsoran tersebut menghalangi jalan poros dan membuat warga yang rumahnya berdekatan dengan tanggul was – was.
Kondisi ini benarkan oleh Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lamongan, Zaini.
Ia mengatakan, dari informasi warga dan perangkat desa setempat, akibat hujan lebat mengakibatkan secara tiba-tiba tanggul sungai bengawan solo yang berada di Desa Karangturi Kecamatan Glagah mengalami sleding dan lonsor, sepanjang 25 meter sebelah luar.
Akibat dari sleding tanggul itu material tanah tanggul Bengawan Solo sepanjang 25 meter menutup akses fungsi sosial masyarakat setempat.”Beruntung dalam peristiwa longsor ini nihil dari korban jiwa,” jelasnya.
BPBD bersama unsur Muspika setempat baik daei anggota Koramil Glagah,Polsek, Kecmatan dan Pemdes secara gotongroyong melakukan pembersihan bersama supaya lalulintas di jalan desa tersebut lancar kembali.
Sejumlah personel gabungan TNI-Polri Yang terdiri dari anggota Koramil 0812/22 Glagah dan Anggota Polsek Glagah terpantau bersama warga bekerja bakti membersihkan bahu jalan yang tertutup longsoran tanggul tanah.
Kejadian itu meembuat tertutupnya akses jalan penghubung Dusun Karangasem menuju Desa Karangturi Kecamatan Glagah sepanjang.
Danramil 0812/22 Glagah Kapten Kav Nurchojim mengatakan, Kami bersama muspika dan masyarakat bersama – sama membersihkan bahu jalan akibat tanah longsor. “Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa karena lokasi longsor tidak terlalu dekat dari pemukiman dan dalam pembersihan sisa Tanah tidak terkendala apapun, jalan sudah bisa dilalui,” jelasnya.
Namun kendati demikian, Danramil mengimbau warga masyarakat, agar tetap waspada karena saat ini musim penghujan disertai angin kencang mulai melanda.
“Kami mengimbau bagi pengguna jalan yang melintas jalan tersebut untuk lebih berhati hati dikarenakan curah hujan mulai meningkat sehingga menyebabkan jalan menjadi licin,” imbaunya. [Aha]

Tags: